PENGGUNAAN KUIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN ANTUSIAS BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU
Abstrak
Penggunaan kuis digital dalam pembelajaran di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu telah memberikan dampak positif terhadap antusiasme dan pemahaman siswa. Elemen gamifikasi dan interaktivitas dalam kuis digital meningkatkan keterlibatan siswa, membuat materi lebih menarik, serta mempercepat pemahaman konsep yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuis digital meningkatkan motivasi belajar siswa dan membantu mereka lebih mudah mengingat materi. Namun, terdapat beberapa kendala dalam implementasi, seperti keterbatasan akses perangkat digital dan koneksi internet yang tidak stabil. Selain itu, beberapa guru mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan strategi seperti penyediaan perangkat digital, peningkatan akses internet, serta pelatihan guru yang berkelanjutan. Dengan dukungan yang memadai, penggunaan kuis digital dapat terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Referensi
Amin, R. (2023). Inovasi Pembelajaran PAI dalam Konteks Digital. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Hasan, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Agama Islam. Bandung: Pustaka Edukasi.
Majid, A. (2019). Strategi Pembelajaran Tematik di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Andi Publisher.
Miles, M. & Huberman, A. (2014). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications.
Putra, D. (2022). Tantangan Guru dalam Implementasi Pembelajaran Tematik. Jakarta: Gramedia.
Rahman, F. (2020). Metode dan Strategi Pengajaran PAI di Sekolah. Surabaya: Laksana Media.
Sudjana, N. (2018). Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##