DINAMIKA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM KELAS: STUDI DI SMA N 6 BENGKULU TENGAH
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong transformasi dalam dunia pendidikan, termasuk digitalisasi dalam pembelajaran. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan media pembelajaran digital di SMA N 6 Bengkulu Tengah, dampaknya terhadap siswa, serta tantangan dalam implementasinya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital, seperti PowerPoint, video pembelajaran, dan platform daring, mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan guru, serta distraksi siswa dalam penggunaan teknologi. Untuk mengoptimalkan pembelajaran digital, diperlukan strategi yang mencakup peningkatan keterampilan guru dalam teknologi, penguatan infrastruktur sekolah, serta penerapan metode pembelajaran interaktif. Dengan pendekatan yang tepat, media digital dapat meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar dan mempersiapkan siswa menghadapi era digital.
Referensi
Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2017). Teacher technology change: How knowledge, confidence, beliefs, and culture intersect. Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255-284.
Jonassen, D. H. (2021). Learning to solve problems with technology: A constructivist perspective. Routledge.
Mayer, R. E. (2020). Multimedia learning. Cambridge University Press.
Prensky, M. (2018). Teaching digital natives: Partnering for real learning. Corwin Press.
Selwyn, N. (2016). Education and technology: Key issues and debates. Bloomsbury Publishing.
Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2019). New technology and digital worlds: Analyzing evidence of equity in access, use, and outcomes. Review of Research in Education, 34(1), 179-225.
Zhao, Y., & Frank, K. A. (2019). Technology and education: Computers, software, and the internet in schooling. Harvard University Press.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##