PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MTs ROUDLOTUR ROSMANI KOTA BENGKULU

  • Deko Rio Putra deko@mail.uinfasbengkulu.ac.id
  • Renita Dora Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Lidian Martina Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Sinta Bella Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Project-Based Learning, kreativitas, kolaborasi, pemecahan masalah, pendidikan.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan kreativitas siswa di MTs Roudlotur Rosmani Kota Bengkulu. Model PjBL memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung dalam proyek nyata yang relevan, yang dapat mendorong keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan inovasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL meningkatkan kreativitas siswa, terlihat pada peningkatan keterlibatan aktif, kemampuan berkolaborasi, dan pengembangan ide-ide inovatif. Pada siklus pertama, meskipun terjadi peningkatan partisipasi, siswa masih bergantung pada bimbingan guru dalam menyelesaikan masalah. Namun, pada siklus kedua, siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam inovasi dan bekerja secara mandiri. Faktor pendukung utama dalam penerapan PjBL adalah kesiapan guru, ketersediaan media pembelajaran yang relevan, dan dukungan lingkungan sekolah. Hambatan yang dihadapi termasuk keterbatasan waktu dan kesulitan siswa dalam bekerja mandiri. Penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan keterampilan guru dalam merancang proyek serta pengelolaan waktu yang lebih efisien untuk mengatasi hambatan tersebut. Secara keseluruhan, PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa

Referensi

Bender, W. N. (2012). Project-Based Learning: Differentiating Instruction for the 21st Century. Corwin Press.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39-43.

Holm, P. (2011). The Challenge of Assessment in Project-Based Learning. Journal of Educational Assessment, 23(4), 211-229.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: Its Uses and Limitations in the Context of Instructional Design. Educational Psychologist, 39(4), 222-231.

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-Based Learning. In Handbook of Research on Science Education (pp. 317-344). Routledge.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-Based Learning: A Review of the Literature. Improving Schools, 19(3), 267-279.

Larmer, J., & Mergendoller, J. R. (2015). The Project Approach: A Way to Foster Creativity and Innovation in Education. The International Journal of Innovative Teaching and Learning, 5(2), 1-13.

Moursund, D. G. (2003). Project-Based Learning: A Short Primer. International Society for Research in Education and Development.

Nurohman, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 47-55.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.

Zubaidah, Z. (2016). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PjBL di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 14(3), 155-163.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2010). New Technology and Digital Worlds: Analyzing Evidence of Equity in Access, Use, and Outcomes. Review of Research in Education, 34(1), 179–225.

Zubaedi. (2019). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Diterbitkan
2025-03-23