TANTANGAN DAN PELUANG MAHASISWA MAGANG DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SMP PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU
Abstrak
Program magang merupakan bagian integral dari pendidikan bagi mahasiswa program pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mengajar dan memahami dinamika dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan serta peluang yang dihadapi mahasiswa magang di SMP Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu dalam mengembangkan kompetensi pedagogik mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa magang menghadapi beberapa tantangan utama, seperti keterbatasan pengalaman mengajar, manajemen kelas, serta adaptasi terhadap lingkungan sekolah. Namun, program magang juga memberikan peluang yang besar untuk mengembangkan keterampilan pedagogik, seperti bimbingan dari guru profesional, pengalaman langsung dalam mengajar, dan pengembangan keterampilan komunikasi. Pengalaman magang ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran mahasiswa dan memperkuat kompetensi mereka sebagai calon pendidik yang siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan.
Referensi
Anderson, C. (2008). The role of technology in education: A review of literature. Technology and Learning, 26(1), 11-18.
Hofstede, G. (2018). Culture's consequences: Comparing values, behaviors, institutions, and organizations across nations (2nd ed.). Sage Publications.
Kolb, D. A. (2015). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Pearson Education.
Lave, J., & Wenger, E. (2020). Situated learning: Legitimate peripheral participation. Cambridge University Press.
Mayer, R. E. (2019). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press.
Rest, J. R. (2021). Moral development: Advances in research and theory. Praeger Publishers.
Schön, D. A. (2022). The reflective practitioner: How professionals think in action. Routledge.
Shulman, L. S. (2016). Those who understand: Knowledge growth in teaching. Educational Researcher, 15(2), 4-14.
Vygotsky, L. S. (2017). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##