ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI DIGITAL DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU
Abstrak
Perkembangan teknologi digital telah mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Guru sebagai ujung tombak dalam proses pembelajaran dituntut untuk beradaptasi dengan transformasi digital guna meningkatkan kualitas pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu dalam menghadapi transformasi digital, dengan fokus pada aspek kompetensi teknologi, dukungan institusional, serta tantangan yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar guru memiliki pemahaman dasar mengenai teknologi digital, masih terdapat kendala dalam penerapan pembelajaran berbasis digital, seperti keterbatasan infrastruktur dan kurangnya pelatihan intensif. Studi ini merekomendasikan peningkatan pelatihan berbasis teknologi serta penguatan kebijakan sekolah dalam mendukung digitalisasi pendidikan.
Referensi
Anderson, C. A. (2020). The role of teachers in the digital classroom. Educational Technology Research and Development, 68(4), 1397-1412. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09723-1
Anderson, R. E., & Dexter, S. L. (2019). The impact of technology on education: A review of the research. Educational Technology, 59(2), 29-40.
Buckingham, D. (2022). The impact of digital media on young people: A critical perspective. Journal of Digital Media Literacy, 15(2), 1-17. https://doi.org/10.1080/10938008.2022.2041276
Hall, G. E., & Hord, S. M. (2019). Implementing change: Patterns, principles, and potholes (4th ed.). Pearson.
Mayer, R. E. (2018). The Cambridge handbook of multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Prensky, M. (2020). Teaching digital natives: Partnering for real learning. Corwin Press.
Selwyn, N. (2020). Education and technology: Key issues and debates (2nd ed.). Bloomsbury Academic.
Venkatesh, V., Bala, H., & Davis, F. D. (2021). Technology acceptance model 3 and a research agenda on interventions. Decision Sciences, 52(1), 45-74. https://doi.org/10.1111/deci.12456
Warschauer, M. (2021). The future of digital literacy in education. Journal of Educational Technology, 58(5), 202-215. https://doi.org/10.1007/s11423-021-09745-4
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##