PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP KECENDERUNGAN MENYONTEK PADA SISWA MADRASAH ALIYAH HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU

  • Ikke Wulan Dari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Selviya Putri Wilsiyanti Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Wulan Dharma Putri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Najwa Khairani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Dhioba Sinata Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Pendidikan, gaya belajar, motivasi, kecenderungan menyontek, siswa

Abstrak

Pendidikan memiliki peran vital dalam membentuk karakter, kepribadian, dan moralitas individu. Meskipun berbagai kemajuan telah dicapai dalam sistem pendidikan, tantangan seperti kecenderungan menyontek tetap menjadi masalah besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh gaya belajar dan motivasi terhadap kecenderungan menyontek di kalangan siswa Madrasah Aliyah Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional, melibatkan 100 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara gaya belajar dan motivasi terhadap kecenderungan menyontek. Gaya belajar yang tidak sesuai dengan karakteristik individu siswa serta motivasi yang rendah berkontribusi pada peningkatan perilaku menyontek. Oleh karena itu, pengenalan gaya belajar yang tepat serta pemberian motivasi yang sesuai diharapkan dapat mengurangi kecenderungan menyontek, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah tersebut.

Referensi

Anderman, E. M., & Murdock, T. B. (2017). Psychology of Academic Cheating. Elsevier Academic Press.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2020). Self-determination theory: A macrotheory of human motivation, development, and health. Canadian Psychology/Psychologie canadienne, 48(3), 212-226.

Gardner, H. (2011). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Murdock, T. B., & Anderman, L. H. (2017). Motivation and learning: Theories and applications in the classroom. Pearson Education.

O'Reilly, M. (2021). Social Influences on Academic Dishonesty: A Review of the Literature. Educational Psychology Review, 33(2), 199-215.

Sims, R., & Chernish, L. (2018). The role of learning styles in educational outcomes: A review. Journal of Educational Psychology, 110(1), 99-116.

Wang, M., & Wang, J. (2022). The impact of intrinsic and extrinsic motivation on learning outcomes: An empirical study on high school students. Journal of Educational Research, 45(4), 234-243.

Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2010). New Technology and Digital Media in Education: The Effects of Technology on the Learning and Development of Students. Yearbook of the National Society for the Study of Education, 109(2), 61-77

Diterbitkan
2025-03-18