EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS GAMBAR DI MA JA-AL HAQ KOTA BENGKULU
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam metode pengajaran. Salah satu inovasi yang mulai diterapkan adalah penggunaan media berbasis gambar sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media berbasis gambar dalam meningkatkan pemahaman siswa di MA Ja-al Haq Kota Bengkulu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media berbasis gambar dapat meningkatkan minat belajar siswa, mempermudah pemahaman materi, serta meningkatkan interaksi dalam kelas. Selain itu, tantangan yang ditemukan dalam implementasi media ini meliputi keterbatasan perangkat, kesiapan guru dalam memanfaatkan media berbasis gambar, serta variasi tingkat pemahaman siswa terhadap materi visual. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih optimal dalam pemanfaatan media berbasis gambar agar dapat memberikan manfaat maksimal dalam proses pembelajaran.
Referensi
Clark, R. C., & Lyons, C. (2020). Graphics for Learning: Proven Guidelines for Planning, Designing, and Evaluating Visuals in Training Materials. John Wiley & Sons.
Mayer, R. E. (2017). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.
Mayer, R. E. (2021). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Paivio, A. (2015). Mind and Its Evolution: A Dual Coding Theoretical Approach. Psychology Press.
Piaget, J. (2020). The Psychology of Intelligence. Routledge.
Sweller, J. (2019). Cognitive Load Theory in Action: Educational Research and Applications. Springer.
Vygotsky, L. S. (2016). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##