PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN PAI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU

  • Poni Saltiva Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Mutiara Rahayu Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Intan Najma Pratiwi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Ziyyah Ul Muizzah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Dela Indah Saputri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam, SMA Negeri 1 Kota Bengkulu.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment). Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan berpikir kritis sebelum dan sesudah perlakuan serta observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Analisis statistik menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikansi (p < 0,05), yang berarti metode pembelajaran berbasis proyek memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran PAI. Dengan demikian, metode ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan analisis siswa dalam mata pelajaran PAI.

Referensi

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2015). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A. (2016). Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning. Educational Psychologist, 26(3-4), 369-398.

Brookhart, S. M. (2016). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD.

Dewey, J. (2019). Experience and Education. New York: Simon and Schuster.

Hmelo-Silver, C. E. (2021). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn?. Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.

Jonassen, D. H. (2022). Designing for Problem Solving in Instructional Design. New York: Routledge.

Larmer, J., & Mergendoller, J. R. (2020). Gold Standard PBL: Essential Project Design Elements. Buck Institute for Education.

Thomas, J. W. (2018). A Review of Research on Project-Based Learning. Buck Institute for Education

Diterbitkan
2025-03-18