PERAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS DI MAN 2 KOTA BENGKULU

  • Adinda Azzahroh Salsabilla Alimi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Beti Olfiyani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Huzaimah Mudrika Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Irin Sugia Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Keterampilan Bahasa Inggris, Teknologi Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa di MAN 2 Kota Bengkulu. Seiring dengan perkembangan teknologi, media pembelajaran interaktif menjadi salah satu solusi efektif untuk membantu siswa dalam menguasai keterampilan bahasa Inggris yang meliputi keterampilan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, di mana siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa secara signifikan, dengan peningkatan paling terlihat pada keterampilan berbicara dan mendengarkan.

Referensi

Anderson, C.A., & Dill, K.E. (2000). "Video games and aggressive thoughts, feelings, and behavior in the laboratory and in life." Journal of Personality and Social Psychology, 78(4), 772-790.

Chairudin, M. (2020). Pengembangan Kreativitas Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Pendidikan Islam, 6

Daryanto, A. (2012). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru dalam Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Hamzah, M. (2018). "Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris Siswa." Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 45-58.

Hidayati, N. (2016). "Pengaruh Penggunaan Media Interaktif terhadap Kemampuan Menulis Siswa di Kelas XI SMA." Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 12-19.

Kurniawati, E. (2020). "Peningkatan Keterampilan Mendengarkan melalui Media Interaktif di Sekolah Menengah Atas." Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 22-34.

Lestari, A.R. (2019). "Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Inggris." Jurnal Linguistik dan Pendidikan, 14(2), 39-51.

Mayer, R.E. (2005). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. London. Cambridge University Press.

Rahman, F. (2017). "Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi dan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris." Jurnal Pendidikan Inovasi, 6(1), 75-86.

Suyanto, S. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Media Interaktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prabowo, H. (2017). Penggunaan Media Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Diterbitkan
2025-03-22