ANALISIS MOTIVASI ORANG TUA MEMILIH SEKOLAH BERBASIS ISLAM STUDI KASUS SMP PLUS JA'ALHAQ
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi orang tua dalam memilih sekolah berbasis Islam, dengan studi kasus di SMP Plus Ja'alhaq. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang mendorong orang tua memilih sekolah berbasis Islam adalah faktor religiusitas, kualitas pendidikan, lingkungan sekolah, dan harapan akan pembentukan karakter Islami pada anak. Kesimpulan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa sekolah berbasis Islam tidak hanya dipilih karena kurikulum akademiknya, tetapi juga karena integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran dan kehidupan sekolah.
Referensi
Arifin, M., & Maulana, R. (2023). Fasilitas Pendidikan dan Pengaruhnya terhadap Minat Sekolah di Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Pendidikan.
Chairudin, M. (2024). Dinamika Pembaharuan Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(02), 518-526.
Fauzan, A. (2023). Kualitas Tenaga Pengajar di Sekolah Islam: Tantangan dan Peluang. Yogyakarta: EduPress.
Hasanah, N. (2023). Tren Sekolah Islam Terpadu di Indonesia: Analisis Perkembangan dan Faktor Pendorongnya. Bandung: Al-Fikrah Publishing.
Mujib, A., & Mudzakir, R. (2023). Pendidikan Islam: Konsep, Implementasi, dan Pengembangan Karakter Islami. Surabaya: Hikmah Press.
Mustofa, Z., & Hidayat, B. (2023). Pengaruh Rekomendasi Sosial dalam Pemilihan Sekolah Islam. Malang: Nurani Media.
Nurfadillah, S. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Islami Siswa. Semarang: Cahaya Ilmu.
Rahmat, F. (2022). Pendidikan Berbasis Nilai: Menciptakan Generasi Berakhlak Mulia di Era Modern. Jakarta: Lentera Ilmu.
Sutrisno, H. (2022). Budaya Sekolah Islami dan Pengaruhnya terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Bogor: Cahaya Umat.
Yunus, M., & Amalia, T. (2023). Integrasi Kurikulum Nasional dan Keislaman dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Makassar: Al-Ma'arif Press
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##