REFLEKSI PENGALAMAN MAHASISWA MAGANG DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI SMP NURUL HUDA PANORAMA KOTA BENGKULU
Abstrak
Magang merupakan salah satu kegiatan akademik yang memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam dunia pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk merefleksikan pengalaman mahasiswa magang dalam mengelola pembelajaran di SMP Nurul Huda Panorama Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah refleksi kualitatif berdasarkan pengalaman langsung mahasiswa. Hasil refleksi menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi berbagai tantangan, seperti perbedaan karakteristik siswa, pengelolaan kelas, serta perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang efektif. Namun, melalui pengalaman ini, mahasiswa juga memperoleh keterampilan pedagogik yang lebih baik serta pemahaman yang lebih mendalam mengenai dunia pendidikan. Artikel ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi mahasiswa yang akan menjalani magang serta bagi institusi pendidikan dalam meningkatkan program magang yang lebih efektif.
Referensi
Dewi, A., Rahman, T., & Setiawan, R. (2024). Strategi Magang Guru Industri dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(1), 45-60.
Lubis, R., Hidayat, A., & Sari, M. (2021). Efektivitas Program Pemagangan dalam Membentuk Kompetensi Mahasiswa Secara Holistik. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 9(2), 112-125.
Siregar, A. (2024). Refleksi Program Magang di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK PGRI Gandangbatu. Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 33-48.
Ufia, N., Susanto, B., & Widodo, D. (2024). Peran Program Magang dalam Meningkatkan Hard Skill dan Soft Skill Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Karier Mahasiswa, 5(2), 98-110.
Arifin, M., & Wahyuni, R. (2023). Pentingnya Soft Skills dalam Dunia Pendidikan: Studi pada Mahasiswa Magang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(3), 150-168.
Hidayat, Z., & Lestari, D. (2022). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran: Tantangan dan Peluang bagi Guru dan Mahasiswa Magang. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 55-73.
Khoirudin, M. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di MI Al Khoiriyah Cerme Gresik. JURNAL ILMU PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN ISLAM, 11(11), 26-39.
Prasetyo, E., & Nugroho, S. (2023). Adaptasi Mahasiswa Magang terhadap Budaya Kerja di Sekolah. Jurnal Studi Pendidikan, 6(1), 88-102.
Santoso, Y., & Anwar, R. (2024). Strategi Manajemen Kelas bagi Mahasiswa Magang dalam Menunjang Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 10(2), 121-135.
Susanti, L., & Wahyu, A. (2022). Pengaruh Program Magang terhadap Kesiapan Mahasiswa dalam Menghadapi Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Profesi, 7(4), 210-225.
Yusuf, T., & Maulana, F. (2023). Dampak Program Magang terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 75-89
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##