EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN SKILL SPEAKING BAHASA INGGRIS DI KELAS IX-8 SMPN 18 KOTA BENGKULU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan metode interaktif untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris dalam proses pembelajaran. Metode interaktif adalah suatu pendekatan di mana siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran melalui interaksi langsung dengan materi pembelajaran, rekan sekelas, guru, dan lingkungan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Dengan sumber informasi yang didapat melalui pengamatan, survei, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode interaktif yang digunakan memberikan dampak yang sangat baik terhadap hasil kemampuan berbicara bahasa Inggris maupun hasil belajar siswa. Dalam metode ini, siswa lebih leluasa berbicara dengan berbahasa Inggris baik itu terhadap guru ataupun teman. Rekomendasi penelitian ini adalah penggunaan metode interaktif dapat dilakukan dengan lebih luas di dalam proses pembelajaran demi meningkatkan efektivitas dan motivasi bagi siswa dalam berbicara bahasa Inggris baik di dalam proses pembelajaran maupun di luar sekolah, sehingga siswa bisa menggunakan kemampuan yang sudah dimiliki dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari
Referensi
Aslamiah, S. "Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Dalam Perspektif Pendidikan." Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 2020.
Chairudin, M. (2022). Peningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Kepala Madrasah Di Man 1 Gresik. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(1), 114-125.
Bitu, Y.S, dkk. "Pembelajaran Interaktif: Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa." J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2024: 193-198, Vol.5 No.2.
Fadillah, M.R dkk. "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII Di SMPN 25 Banjarmasin." Journal of Instructional Technology, 2020: 132-151, Vol.1 No.1.
Frans, T.A. "Penggunaan Diskusi Kelompok Kecil Dalam Mengajar Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Di SMPN 1 Rantepao." 2022.
Husni, R. Saputri, E.N. "Kesulitan Siswa SMP Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris." Innovative: Journal Of Social Science Research, 2023: 8046-8052, Vol.3 No.3.
Johnson, D.W. ""Interactive Learing: Engagement and Outcomes in Educations" Educational Psychology Review." 2016: 643-661 Vo.28 No.4.
Komariah, A. dkk. "Program Peningkatan Kemampuan Pronounciation Siswa Melalui Metode Interaktif di MTs Negeri 3 Paser." Tarsius: Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif dan Humanis, 2024: Vol.6 No.2.
Mardiana. "Pengaruh Kepercayaan Diri dan Pilihan Kata/Diksi Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa di Sekolah Menengan Pertama Negeri Kepulauan Seribu Jakarta." Jurnal Pendidikan Manajemen Transportasi, 2024: 36-71, Vol.4 No.1.
Nurhayati, E. "Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quizizz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19 ." Jurnal Paedagogy, 2020: 1-6, Vol.7 No.3.
Pristiwanti, D. dkk. "Pengertian Pendidikan." Jurnal Pendidikan dan Konseling , 2022. Vol.4 No.6: 7912.
Riana, E. dan Gafur, A. "Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Deskriptif Untuk Siswa SMP/MTs." Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2015: 212-224, Vol.2 No.2.
Saluky. "Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress." EduMa , 2016: 80-90 Vol.5 No.1.
Smith, L. J. "The Impact Of Interactive Learning On Student Achievement ." Journal Of Educational Technology, 2018: 75-89 Vol.12 No.3.
Sudjana, N. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##