HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP IT KHAIRUNNAS KOTA BENGKULU

  • Moch. Iqbal Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Okta Cahya Tri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Delvi Putriana Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Menyelesaikan Masalah, Pembelajaran IPA, Siswa SMP IT Khairunnas.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP IT Khairunnas Kota Bengkulu. Fokus utama penelitian adalah pada kemampuan siswa dalam memahami konsep matematis yang berkaitan dengan materi IPA dan bagaimana pemahaman tersebut mempengaruhi cara mereka menyelesaikan soal-soal dalam pembelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasi. Data diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis dan tes kemampuan menyelesaikan masalah IPA, yang kemudian dianalisis menggunakan statistik korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran IPA.

Referensi

Aryani, N., & Suhendar, A. (2021). Pengaruh Pemahaman Matematika terhadap Kemampuan Siswa dalam Mempelajari IPA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 123-135.

Hasanah, F. (2022). Peran Matematika dalam Menyelesaikan Masalah IPA: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 15(1), 44-52.

Maulana, R., & Hidayati, S. (2023). Hubungan Antara Kemampuan Matematika dan Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 21(4), 189-202.

Prasetyo, A. (2021). Integrasi Pembelajaran Matematika dan IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 18(3), 233-245.

Rachmawati, D. (2022). Pentingnya Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika dan IPA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Terpadu, 14(2), 95-105.

Suherman, H. (2019). Keterkaitan Pemahaman Matematika dengan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(1), 58-72.

Yuliana, R., & Fitriani, E. (2020). Pengaruh Pemahaman Aljabar dan Geometri terhadap Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(3), 134-146

Diterbitkan
2025-03-22