EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 3 KOTA BENGKULU

  • M. Arif Rahman Hakim Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Hikmatul Munawarah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Jesi Amanda Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • fatma Wardah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Efektivitas, Reward, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara, kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward berpengaruh signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Siswa yang menerima reward menunjukkan peningkatan partisipasi, keaktifan, serta hasil belajar yang lebih baik dibandingkan kelompok yang tidak menerima reward. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pemberian reward dapat dijadikan sebagai metode efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Referensi

Anjani, R. (2018). Efektivitas pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 15(2), 34-45.

Chairudin, M. (2022). Peningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Kepala Madrasah Di Man 1 Gresik. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(1), 114-125.

Febriana, F. (2022). Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa di sekolah menengah. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(1), 101-112.

Gibran, M. (2018). Pengaruh reward terhadap motivasi belajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(3), 89-98.

Muamar, A. (2020). Konsistensi pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1), 54-65.

Saputri, S. (2017). Pengaruh reward non-materi terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 75-84.

Skinner, B. F. (1953). Science and human behavior. New York: Free Press.

Supinta, R. (2021). Pengaruh pemberian reward yang disesuaikan dengan preferensi individu terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 9(4), 142-153.

Herzberg, F. (1966). Work and the nature of man. Cleveland: World Publishing Company.

Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological Review, 50(4), 370-396.

Diterbitkan
2025-03-23