EKSPLORASI PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS IX.3 SMP 14 KOTA BENGKULU DI ERA TEKNOLOGI

  • Khermarinah Khermarinah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Festi Tri Melani Festi Tri Melani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Yuda Yuliarti Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Famel Zatrio Famel Zatrio Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Pembelajaran Teks Eksplanasi, Berpikir Kritis, Teknologi, Siswa SMP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembelajaran teks eksplanasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX.3 SMP 14 Kota Bengkulu di era teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis teknologi dalam teks eksplanasi dapat meningkatkan kemampuan analisis, evaluasi, dan refleksi siswa terhadap suatu fenomena. Teknologi juga memungkinkan siswa untuk mengakses berbagai sumber informasi secara mandiri, sehingga memperkaya wawasan dan argumentasi mereka dalam memahami teks eksplanasi

Referensi

Fadilah, R. (2023). Pengaruh Media YouTube terhadap Pemahaman Siswa dalam Teks Eksplanasi. Jakarta: Pustaka Edukasi.

Gunawan, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Media Nusantara.

Hafidz, M. (2023). Mind Mapping sebagai Strategi Pembelajaran Teks Eksplanasi. Bandung: Literasi Cendekia.

Hidayat, T. (2023). Kesulitan Siswa dalam Memahami Struktur Teks Eksplanasi. Surabaya: Pena Ilmiah.

Kemendikbud. (2022). Pedoman Pembelajaran Teks Eksplanasi di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Nurhadi, S. (2023). Efektivitas Penggunaan CapCut dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: EduPress.

Putri, A. (2023). Metode Pembelajaran Konvensional dan Tantangannya dalam Era Digital. Malang: Akademika Press.

Rahmawati, D. (2022). Pemanfaatan Powtoon dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi. Jakarta: Gramedia Edukasi.

Santoso, B. (2023). Dampak Teknologi terhadap Motivasi Belajar Siswa. Bandung: Citra Pustaka.

Sari, L. (2023). Analisis Pemikiran Kritis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Publisher.

Susanto, R. (2023). Aplikasi Pengeditan Video sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Surabaya: Media Edukasi.

Suryani, E. (2023). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Abad ke-21. Jakarta: Gema Ilmu.

Trilling, B., & Fadel, C. (2021). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass.

Wahyuni, N. (2022). Minat dan Keterampilan Siswa dalam Memahami Teks Eksplanasi. Makassar: Ilmu Cendekia.

.

Diterbitkan
2025-03-25