STUDI KASUS: PENDAMPINGAN PERUBAHAN TINGKAH LAKU SISWA DI SMP NEGERI 25 KOTA BENGKULU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pendampingan yang dilakukan di SMP Negeri 25 Kota Bengkulu dalam rangka mengubah tingkah laku siswa. Studi ini berfokus pada identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan tingkah laku siswa, metode pendampingan yang digunakan, serta dampak yang dirasakan oleh siswa, guru, dan lingkungan sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan siswa dan guru, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang bersifat personal, berbasis komunikasi terbuka, dan penerapan nilai-nilai positif menjadi kunci dalam perubahan tingkah laku siswa di SMP Negeri 25.
Referensi
Hasan, R. (2022). Dukungan Guru dan Keluarga dalam Perubahan Tingkah Laku Siswa. Jakarta: Pustaka Pendidikan.
Kemendikbud. (2022). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lestari, M. (2022). Kohesi Sosial dalam Kelas: Studi Kasus Program Pendampingan di Sekolah Menengah. Bandung: EduPress.
Rahmawati, D. (2021). Pendekatan Efektif dalam Program Pendampingan Siswa Bermasalah. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Santoso, B. (2023). Dinamika Kelas dan Kedisiplinan dalam Lingkungan Sekolah. Surabaya: Laksana Media.
Siswanto, E., Switri, E., Pattiasina, P. J., Gianistika, C., Chairudin, M., Susilatun, H. R., & Nurasiah, S. (2024). PENDIDIKAN KARAKTER. AINA MEDIA BASWARA.
Suryani, N. (2023). Metode Partisipatif dalam Pendampingan Siswa: Studi Efektivitas Program Mentoring. Malang: Literasi Nusantara
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##