STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU STUDI KUALITATIF
Abstrak
Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru, serta analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan meliputi pemberian penguatan positif, pembelajaran berbasis teknologi, pendekatan personal, serta penggunaan metode pembelajaran yang variatif. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa peran guru sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi yang efektif dan inovatif.
Referensi
Anjarwati, E., & Widyastuti, S. (2018). Pengaruh Variasi Metode Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Arianti, R. (2018). Pengaruh Pemberian Penghargaan terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Bandung: Insan Cendekia.
Azis, M. (2019). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Hauliyah, N. (2022). Lingkungan Belajar yang Kondusif dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Siswa. Malang: Edu Press.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 84-92.
Suryanti, R. (2024). Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 45-60
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##