PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA VISUAL DI KELAS 8 SMPN 11 BENGKULU TENGAH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penggunaan media visual di kelas 8 SMPN 11 Bengkulu Tengah. Media visual dipilih sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan daya tarik dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan keaktifan siswa dalam diskusi kelas, peningkatan nilai rata-rata ulangan harian, serta peningkatan respon positif terhadap pembelajaran.
Referensi
Arifin, M. (2024). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran: Strategi dan Implementasi. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Hidayat, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Bandung: Alfabeta.
Mustofa, A. (2024). Motivasi Belajar Siswa: Teori dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Rahman, F. (2023). Pendidikan Agama Islam: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Setiawan, D. (2023). Teknologi dalam Pendidikan: Pemanfaatan Media Digital untuk Pembelajaran Interaktif. Surabaya: Erlangga.
Suryani, T. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa. Jakarta: Gramedia.
Sutrisno, H. (2023). Sarana dan Prasarana dalam Pendidikan: Faktor Pendukung Keberhasilan Pembelajaran. Semarang: Widya Karya.
Wahyuni, L. (2022). Pelatihan Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Mayer, R. E. (2001). Multimedia Learning. New York: Cambridge University Press.
Keller, J. M. (1987). Development and Use of the ARCS Model of Instructional Design. Journal of Instructional Development, 10(3), 2-10.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##