Mewujudkan Lingkungan Sekolah Ramah Lingkungan: Implementasi Program Adiwiyata Di MAN 1 Gresik

  • Nur Fatih Ahmad universitas Qomaruddin
  • Lestari Widodo universitas Qomaruddin
  • Ria Roifatul Umah universitas Qomaruddin
  • Sinta Nur Khofifah universitas Qomaruddin
Kata Kunci: Sekolah ramah lingkungan, Sekolah Adiwiyata

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi kebutuhan akan kesadaran lingkungan di kalangan pelajar, sekolah-sekolah semakin mengarah pada prinsip keberlanjutan dan pelestarian alam. Melalui pendekatan yang holistik, penelitian ini mengeksplorasi langkah-langkah konkret yang diambil oleh sekolah untuk mencapai predikat Adiwiyata. Penelitian ini berjudul Mewujudkan Lingkungan Sekolah Ramah Lingkungan: Implementasi Program Adiwiyata di MAN 1 Gresik. Penelitian ini membahas upaya dan strategi yang diimplementasikan oleh sekolah dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang ramah lingkungan melalui penerapan Program Adiwiyata. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam konteks ini, penelitian menyoroti peran penting seluruh stakeholder, termasuk siswa, guru, staf sekolah, dan orang tua, dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang berkelanjutan. Strategi pengelolaan limbah, penghematan energi, dan penanaman nilai-nilai kepedulian lingkungan dalam kurikulum pendidikan menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Selain itu, implementasi inovasi teknologi hijau dan keterlibatan komunitas sekitar juga menjadi bagian integral dari upaya mewujudkan sekolah Adiwiyata. Keberhasilan sekolah dalam mencapai predikat Adiwiyata bukan hanya mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan berkelanjutan bagi generasi penerus

Referensi

Anonim. Wujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan 2010. www.depdiknas.go.id. 06/01/2024.

Boss, S., & Krauss, J. Reinventing project-based learning: Your field guide to real-world projects in the digital age. 2007.

Ebta Setiawan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, https://www.kbbi.web.id/konsep, 06/01/2024.

Ellen Landriany, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Volume 2, Nomor 1, Januari 2014; 82-88 h. 85.

Https://man1gresik.sch.id/2021/04/01/man-1-gresik-menuju-madrasah-adiwiyata-mandiri/

Hungerford, H. R., & Volk, T. L. (1990). Changing learner behavior through environmental education. 1990.

Hungerford, H. R., & Bluhm, W. J. The goals of environmental education. In Environmental education: Principles, methods, and applications. 2004.

Khalim, Ainul. 2020. “Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Sekolah Adiwiyata Di Man 1 Gresik”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 18 (1), 70-91.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. (2007). Panduan Sekolah Adiwiyata.

Kuswantoro, M. D. Z. (2018). Pengaruh Penerapan Konsep Sekolah Adiwiyata terhadap Kepedulian Lingkungan bagi Peserta Didik SMP Negeri 3 Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Landriany, Ellen. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Volume 2, Nomor 1, Januari 2014; 82-88,h. 85.

Maulana Sriyono, Tauhid Ashary, and Ismi Barzah, “Langkah-Langkah Menuju Sekolah Adiwiyata,” 2013.

Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan 2011

Qomaruddin, Qomaruddin. 2020. “Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Sekolah Adiwiyata Di Man 1 Gresik”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 18 (2), 108-28.

Setiawan, Ebta. Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://www.kbbi.web.id/konsep. 06/01/2024.

Sriyono, Maulana, Tauhid Ashary, and Ismi Barzah. “Langkah-Langkah Menuju Sekolah Adiwiyata,” 2013.

Sterling, S. (2001). Sustainable Education: Re-visioning Learning and Change.

Tilbury, D., & Wortman, D. (2004). Engaging People in Sustainability.

UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives.

Diterbitkan
2024-12-31