Implementasi Dan Evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah
Abstrak
Pendidikan memainkan peran penting dalam pembangunan masyarakat dan pertumbuhan individu, dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) menjadi paradigma yang relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis penerapan dan evaluasi MBS dalam upaya meningkatkan kualitas sekolah. Data dikumpulkan melalui studi dokumentasi dan dianalisis secara induktif untuk mengidentifikasi informasi penting terkait MBS. Hasil menunjukkan bahwa MBS memberikan otonomi kepada sekolah untuk mengelola sumber daya dan program pendidikan mereka sendiri, meningkatkan partisipasi aktif dari semua pihak terkait, dan mendorong evaluasi berkelanjutan untuk perbaikan. Implementasi MBS juga dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan pengembangan keterampilan kepemimpinan kepala sekolah. Namun, tantangan seperti pemahaman konsep yang buruk dan kurangnya dukungan sumber daya memerlukan perhatian. Evaluasi MBS memberikan gambaran tentang perubahan kualitas sekolah dan menjadi sarana penting untuk perbaikan berkelanjutan, yang pada akhirnya berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan
Referensi
Aji, Nurdin Setia. “Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Dan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi Terhadap Guru Pendidikan Jasmani Se-Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan 1, no. 2 (2013): 165–72.
Andriyan, Ade, and Nono Hery Yoenanto. “Optimalisasi Penerapan Dan Pengelolaan Manajemen Berbasis Sekolah : Literatur Review.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 10, no. 1 (2022): 14–27.
Azis, Abdul. “Evaluasi Pelaksanaan Manajemn Berbasis Sekolah ( MBS ).” Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (2020): 75–87.
Guru, Kinerja, D I Smk, and Negeri Wonosari. “PENGARUH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TERHADAP KINERJA KINERJA GURU DI SMK NEGERI 2 WONOSARI.” Skripsi, 2011.
Hakim, Muhammad Nur. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan.” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016): 104–14. https://doi.org/10.31538/NDH.V1I2.7.
Hamid, Hamid. “Manajemen Berbasis Sekolah.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 1, no. 1 (2018): 87–96. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.86.
Mattone, Abd Hamid, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar, and Kinerja Guru. “HUBUNGAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SDN 150.” JKP: Jurnal Pendidikan Khasanah 2, no. 1 (2023).
Mbs, Implementasi, and Meningkatkan Mutu Pendidikan. Implementasi MBS Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 2020, 2020.
Meningkatkan, Untuk, and Mutu Sekolah. “MANAJEMEN PENGETAHUAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH Sumarno.” Manajemen Pengetahuan Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah, 2010, 85–94.
Pratiwi, Sri Nurabdiah. “Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah.” EduTech 2, no. 1 (2016): 86–96.
Risamasu, Jermina H, and A Pendahuluan. “KAJIAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 SARMI.” Jurnal MAPENDIK – Magister Manajemen Pendidikan Uncen 04, no. 02 (2017): 137–51.
Rizka Azhara. “Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah.” Manajemen Pendidikan Islam 5 (2019): 15–21.
Sodik, M A. “MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Konsep Dan Penerapannya Pada Pendidikan).” … : Jurnal Program Studi Pendidikan Agama … 14, no. 2 (2021): 62–79.
Alimin, Alimin. "Manajemen Mutu Pendidikan." Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 19.2 (2021): 237-255.
Qomaruddin, Qomaruddin. 2020. “IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN SEKOLAH ADIWIYATA DI MAN 1 GRESIK”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 18 (2), 108-28. https://doi.org/10.36835/jipi.v18i2.3575.
Alimin, Sunarto, and Farikhul Anwar. "Manajemen Profesional Guru." Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 20.2 (2022): 244-273.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##