Implementasi Metode Tikrar dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al Qur’an pada Santri Kelas VII Bintang Rabbani Boarding School
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Tikrar dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an pada santri kelas VII di Bintang Rabbani Boarding School. Metode Tikrar merupakan teknik pengulangan hafalan secara terus-menerus yang bertujuan memperkuat daya ingat santri terhadap ayat-ayat yang telah dihafalkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru tahfidz dan santri, serta dokumentasi aktivitas harian santri dalam proses menghafal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Tikrar diterapkan secara rutin dalam kegiatan tahfidz, baik melalui pengulangan mandiri maupun bimbingan guru. Pengulangan dilakukan secara terstruktur dengan target tertentu setiap harinya. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti kurangnya disiplin waktu, perbedaan kemampuan hafalan santri, serta kelelahan karena aktivitas padat, metode Tikrar tetap terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan. Santri yang konsisten dalam menerapkan metode ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam hal kelancaran, ketepatan, dan daya tahan hafalan. Oleh karena itu, implementasi metode Tikrar di Bintang Rabbani Boarding School memberikan dampak positif terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an santri. Keberhasilan metode ini sangat dipengaruhi oleh kedisiplinan santri, dukungan guru, serta pengelolaan waktu yang baik. Oleh karena itu, metode Tikrar layak untuk terus dikembangkan dan dioptimalkan dalam program pembelajaran tahfidz di lingkungan pendidikan Islam.
Referensi
Aini, N. A., Istiqomah, L., Delianti, P. P., Wibowo, M. E. P., & Zakiyah, Z. (2023). Pembiasaan Tahfidzul Qur’an dalam Meningkatkan Kecintaan Membaca Al-Qur’an pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.61813/jpmp.v0i0.59
Basri, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Murobbi Ilmu Pendidikan, Vol. 7(1), 44. https://doi.org/https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i1.1486
Bahrin, S. R. (2022). Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an pada Santri Tahfidz di Pondok Pesantren Ibn Jauzi. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 14(1), 90–104. https://doi.org/10.30596/intiqad.v14i1.10038
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif . CV. Pustaka Ilmu.
Husin & Yenny Kusuma Dewi. (2019). Efektivitas Metode Tikrar Pada Program Tahfizhul Quran Kelas 3 Di Mi Normal Islam Rasyidiyah Khalidiyah ( Rakha ) Amuntai. Darul Ulum Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 41–51.
Kusumastuti, T., Fatkhurrohman, M., & Fatchurrohman, M. (2022). Implementasi metode menghafal qur’an 3t+1m dalam meningkatkan kualitas hafalan santri. Al‘Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 259–273.
Mashuri, I., et al. (2022). Implementasi Metode Tikrar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Pada Program Tahfidzul Qur’an Siswa Kelas Ix Mts Darul Amien Jajag Gambiran Banyuwangi. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 6(1).
Matthew B. Miles, A. M. H. dan J. S. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Sage Publication, Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press,.
Nurzannah & Estiawani, P. (2021). Implementasi Metode Tikrar Pada Program Tahfidzul Qur’an. Ar-Rasyid: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 45–53.
Saifullah, I., et al. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Metode Tikrar Terhadap Hafalan Al-Quran Peserta Didik di Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk-Garut. Paedagogie, 3(02), 149–165.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Septiara, A., Santoso, N., & Kharisma, A. P. (2019). Pengembangan Aplikasi Al-Quran Untuk Membantu Hafalan Al-Quran Secara Mandiri Menggunakan Metode Tikrar. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 2807–2813.
Siregar, P. A. (2024). Pengaruh Metode Tikrar Terhadap Hafalan Al-Quran Siswa/I Di Mts Nurul Islam Indonesia Baru Medan. Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 1545–1557.
Ulumiyah, M., et al. (2020). Implementation of the Tallaqi , Tafahhum , Tikrar and Murajaah ( 3T + 1M ) Method in the Tahfidz Istana Palace Learning Program Miftakhul Ulumiyah Institut Pesantren KH . Abdul Chalim Mojokerto ORCID iD : 0000-0003-4684-9141 Institut Pesantren KH . Abdul. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 6(1), 22–33. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.342
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##