PERAN NEGARA DALAM KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM
Abstrak
Tulisan ini membahas kebijakan pendidikan di Indonesia dengan fokus pada eksistensi dan peran Madrasah Diniyah serta implementasi kebijakan wajib belajar Madrasah Diniyah oleh pemerintah daerah. Kebijakan pendidikan merupakan instrumen penting dalam penyelenggaraan sistem pendidikan nasional yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pendidikan formal, nonformal, dan informal. Di Indonesia, kebijakan pendidikan didasarkan pada berbagai regulasi seperti Undang-Undang Sisdiknas dan Peraturan Pemerintah tentang Pendidikan Agama, yang menjamin ruang bagi pendidikan keagamaan. Madrasah Diniyah sebagai lembaga pendidikan Islam nonformal memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter religius peserta didik, meskipun menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan dana, fasilitas, dan dukungan pemerintah. Untuk memperkuat pendidikan agama, sejumlah daerah menerapkan kebijakan wajib belajar Madrasah Diniyah sebagai pelengkap pendidikan formal, meskipun implementasinya belum seragam secara nasional. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara pemerintah pusat, daerah, masyarakat, dan lembaga pendidikan untuk memperkuat kebijakan ini sebagai bagian dari upaya membangun pendidikan yang holistik dan berakar pada nilai-nilai religius
Referensi
Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130.
Azzura, N. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster pada Materi Momentum dan Implus di SMA/MA. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Kumparan, P. (2023). Pengertian dan Contoh Bahan Ajar SD Lengkap untuk Referensi. Kumparan. Kunandar, K. (2011). Evaluating Program of Curriculum Development and Implementation at School.
Jurnal Evaluasi Pendidikan, 02(02), 171–181. https://doi.org/10.21009/JEP.022.05 Mesra, R. (2023). Research and Development dalam Pendidikan. PT Mifandi Mandiri Digital.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 01(05), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Panggabean, N. H., Danis, A., & Nadriyah, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping pada Pembelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Tunas Bangsa, 07(02), 204–218. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1177
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##