TALKHIS MAGZA DAN MULTIMEDIA : PENDEKATAN INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH ISTIMA’

  • Siti Zahraha Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia
  • Wasilah Wasilah Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia
  • Enok Rohayatic Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia
Kata Kunci: Talkhis Magza , Multimedia, Inovatif,Pembelajaran

Abstrak

Pembelajaran Bahasa Arab memilki empat Maharah/Keterampilan diantaranya yaitu Maharah Istima’ (keterampilan mendengar), Maharah Kalam (keterampilan berbicara), Maharah Kitabah (keterampilan menulis), Maharah Qiroah (keterampilan membaca). Diantara keterampilan tersebut, keterampilan istima’ (mendengar) merupakan keterampilan yang sangat penting untuk menjadi pondasi dalam memahami bahasa sebelum berbicara ataupun menulis. Dalam praktiknya, siswa banyak menghadapi tantangan dan kesulitan dalam proses mendengar, terutama karena disebabkan kurangnya penerapan strategi pembelajaran yang tepat serta penggunaan media pembelajaran yang terbatas. penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas strategi Talkhis Magza berbasis multimedia dalam meningkatkan maharah istima’ siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan menerapkan strategi ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami dan menangkap makna dari materi yang disimak, sehingga kemampuan menyimak mereka dapat meningkat secara signifikan. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu metode campuran (mix method) dimana data diambil dari hasil wawancara dan observasi sedangkan data diolah dengan SPSS. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan strategi Talkhis Magza efektif untuk meningkatkan maharah istima’ siswa.

Referensi

Akbar, Muhammad Harits, Yuniar Primarani, and Al Fath Qaaf, ‘Pengembangan Media My Happy Route Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran Mufrodat Di MTS Al-Ittifaqiah’, 8.1 (2025), 201–10

Arifin, Mukmin Zainul, ‘I’dad Durus Al-Lughah Al-’Arabiyyah “Ala Dhaw” Nazhariyah Ta’lim Al-Lughah Al-Tsaniyah (Al-Dirasah Al-Tahliliyah ’Ala Kitab Durus Al-Lughah Al-’Arabiyyah Lil Mubtadiin’, Majallah Taqdir, 1.1 (2015), 45–62 <http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Taqdir/article/view/648/580>

Bahaqi, Fatih Achmad, and Oscar Wardhana, ‘Tahlilul Akhtha’ Ash-Shautiyah Fii Qiraati An-Nushush Al-’Arabiyah Laday Thullab Bi Madrasah Al-Irsyad Surabaya’, 9.1 (2024), 31–52

Enok Rohayati, Sri Rahayu, ‘TA’TSÎR ISTIKHDÂM THARÎQAH TAMTSÎL AL-MUMATSTSILAH FÎ MAHÂRAH AL-KALÂM (AL-DIRÂSAH AL-TAJRÎBIYYAH FÎ AL-SHAFF AL-SÂBI’BIL-MADRASAH AL-TSÂNAWIYYAH AL-HUKÛMIYYAH PALEMBANG)’

Hidayah, Nurul, ‘Peluang Dan Tantangan Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Pskolinguistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab)’, Taqdir, 5.2 (2020), 65–76 <https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i2.4922>

Hidayah, Nurul, Geta Apriyani, Universitas Islam, Negeri Raden, and Fatah Palembang, ‘Kemampuan Abad 21 Siswa Pendidikan Menengah Di Sumatera Selatan: Sebuah Tinjauan Pembelajaran Menulis Berbahasa Arab Di Madrasah’, 2024, 1–10

Hidayah, Nurul, Mukmin, and Cardasyifa, ‘CEFR Pada Materi Bahasa Arab: Inovasi Pembelajaran Ramah Anak Pada Sekolah Dasar’, Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2024, 117–27 <https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.12742>

Hidayah, Nurul, Mukmin Mukmin, and Listia Eltika, ‘Konsep Aritmetika Pada Perubahan Kata Bahasa Arab’, Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4.2 (2023), 153–69 <https://doi.org/10.52593/klm.04.2.04>

Hidayah, Nurul, Mukmin Mukmin, and Siti Marfuah, ‘The Correlation between Arabic Learning Motivation and Arabic Language Competence of Education Study Program Students in Post- COVID-19 Pandemic’, Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 15.2 (2023), 380 <https://doi.org/10.24042/albayan.v15i2.17453>

Hidayah, Nurul, Mukmin Mukmin, and Monika Rahma, ‘Kecerdasan Dan Kepribadian Siswa Di SMP IT Fathona Palembang Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berbicara’, Taqdir, 7.1 (2021), 115–30 <https://doi.org/10.19109/taqdir.v7i1.8455>

Hidayah, Nurul, Mukmin Mukmin, and Ulin Nofia Sari, ‘Learning Evaluation of Arabic Morfhoplogy for Tsanawiyah Students Based on 21’, International Conference On Islam And Education, 2024, 222–42

Hidayah, Nurul, and Ludfi Muyassaroh, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Non Muslim Berbasis Moderasi Beragama Di Sekolah Umum’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 2023.3 (2023), 192–97 <https://doi.org/10.5281/zenodo.7613768>

Imron, Kristina, ‘The New Trend in the Development of The Textbook for Writing Based on The Integrative Approach for College Students in Indonesia’, 26.1, 9–33

Imron, Kristina, Irmansyah Irmansyah, Nurhusna Nurhusna, Iffat Maimunah, and Zainal Abidin Hajib, ‘A New Model of Kalam Material Through Cybernetic Approach: Development Stages and The Influence Towards Speaking Skill of Students’, Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 15.1 (2023), 207–23 <https://doi.org/10.24042/albayan.v15i1.16199>

Diterbitkan
2025-03-31