ANALISIS LABELISASI HALAL, HARGA DAN RASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MIE

  • Aminatun Habibah IAI Qomaruddin Gresik
Keywords: Labelisasi Halal, Harga, Rasa, Keputusan Pembelian Konsumen dan Regresi Linier Berganda

Abstract

Mengkonsumsi suatu produk tidak boleh sembarangan, karena kita tidak tahu apa saja kandungan yang terdapat pada produk tersebut. Oleh karena itu, masyarakat sebagai konsumen harus teliti dan kritis terhadap suatu produk yang akan di konsumsi. Konsumen tidak hanya sekedar menuntut produk yang terjamin kandungan gizinya, namun juga keamanannya. Bagi konsumen muslim produk yang aman bukan hanya sekedar terbebas dari cemaran fisik, kimia, maupun mikrobiologi. Namun juga ada satu unsur yang hakiki, yaitu aman dari bahaya barang yang diharamkan atau diragukan. Adapun hasilnya adalah Labelisasi Halal (X1) t hitung sebesar 3,051 lebih besar dari t tabel Sebesar 1,660, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berarti secara parsial labelisasi halal (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk mie Sedaap. Harga (X2) t hitung sebesar 1,666 lebih besar dari t tabel sebesar 1,660, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berarti secara parsial harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian terhadap produk mie Sedaap. Rasa (X3) t hitung sebesar 0,284 lebih kecil dari t tabel sebesar 1,660, maka H0 diterima dan H1 ditolak. Berarti secara parsial variabel rasa tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk mie Sedaap. Sedangkan Secara simultan dengan menggunakan uji f, diperoleh F hitung > F tabel yaitu 3,296 > 2,14, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya variabel Labelisasi Halal (X1), Harga (X2) dan Rasa (X3) berpengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian pada produk mie Sedaap.

Published
2020-02-26
How to Cite
Habibah, A. (2020). ANALISIS LABELISASI HALAL, HARGA DAN RASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MIE. Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine), 6(1), 59-84. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qiema/article/view/3511
Section
Articles