WAKAF UANG: PENGARUH KOGNISI, RELIGIUSITAS, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT BERWAKAF

  • Niswatun Hasanah dan Maha Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik
Keywords: Kognisi, Religiusitas, Persepsi Kemudahan, Minat Berwakaf Uang

Abstract

Minat merupakan daya dorong yang kuat bagi seseorang untuk melakukan sesuatu agar tujuan atau cita-cita yang menjadi keinginannya dapat terwujud, termasuk dorongan orang untuk melakukan wakaf uang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kognisi secara parsial terhadap minat berwakaf uang. (2) Pengaruh religiusitas secara parsial terhadap minat berwakaf uang. (3) Pengaruh persepsi kemudahan secara parsial terhadap minat berwakaf uang. (4) Pengaruh kognisi, religiusitas, dan persepsi kemudahan mempunyai secara simultan terhadap minat berwakaf uang pada Mahasiswa IAI Qomaruddin Gresik. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Analisis data yang digunakan berupa analisis kuantitatif yang meliputi: uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis (uji T dan uji F). Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah kognisi (X1), religiusitas (X2), dan persepsi kemudahan (X3) dengan minat berwakaf uang (Y) sebagai variabel terikat.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Variabel Kognisi secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwakaf uang sesuai dengan hasil uji T yang menunjukkan Thitung (2,288) > Ttabel (1,98525). (2) Variabel Religiusitas secara parsial memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap minat berwakaf uang sesuai dengan hasil uji T yang menunjukkan Thitung (0,117) < Ttabel (1,98525). (3) Variabel Persepsi kemudahan secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwakaf uang sesuai dengan hasil uji T yang menunjukkan Thitung (5,968) > Ttabel (1,98525). (4) Variabel Kognisi, Religiusitas, dan Persepsi Kemudahan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwakaf uang sesuai dengan hasil uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung (21,541) > Ftabel (2,70). Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,402 yang berarti kognisi, religiusitas, dan persepsi kemudahan mempengaruhi minat Mahasiswa IAI Qomaruddin Gresik berwakaf uang sebesar 40,2% sedangkan sisanya 59,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kognisi, Religiusitas, Persepsi Kemudahan, Minat Berwakaf Uang

ABSTRACT

Interest is a strong impetus for someone to do something so that the goals or ideals that become their desires can be realized, including the encouragement of people to do cash waqf. This study aims to determine (1) whether cognition partially affects the interest in cash waqf. (2) Does religiosity partially affect the interest in cash waqf? (3) Does the perception of ease partially affect the interest in cash waqf? (4) Do cognition, religiosity, and perception of convenience have a simultaneous influence on the interest in cash waqf in IAI Qomaruddin Gresik students. The sampling method in this study uses Probability Sampling with Simple Random Sampling technique. Analysis of the data used in the form of quantitative analysis which includes: research instrument test, classical assumption test, multiple linear regression test, hypothesis testing (T test and F test). The independent variables in this study are cognition (X1), religiosity (X2), and perceived convenience (X3) with interest in cash waqf (Y) as the dependent variable.

The results of this study indicate that (1) the cognitive variable partially has a positive and significant effect on the interest in cash waqf according to the results of the T test which shows Tcount (2.288) > Ttable (1.98525). (2) The religiosity variable partially has a positive but not significant effect on the interest in cash waqf according to the results of the T test which shows Tcount (0.117) < Ttable (1.98525). (3) The perceived convenience variable partially has a positive and significant effect on the interest in cash waqf according to the results of the T test which shows Tcount (5.968) > Ttable (1.98525). (4) Variables Cognition, Religiosity, and Perception of Ease together have a positive and significant effect on the interest in cash waqf according to the results of the F test which shows that the value of Fcount (21.541) > Ftable (2.70). The value of the coefficient of determination (R2) is 0.402, which means that cognition, religiosity, and perceived ease affect the interest of IAI Qomaruddin Gresik students in cash waqf by 40.2% while the remaining 59.8% is influenced by other variables not discussed in this study.

Keywords: Cognition, Religiosity, Perception of Ease, Interest in Money Waqf

Published
2022-08-29
How to Cite
Maha, N. H. dan. (2022). WAKAF UANG: PENGARUH KOGNISI, RELIGIUSITAS, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT BERWAKAF . Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine), 8(2), 179-206. https://doi.org/10.36835/qiema.v8i2.3947
Section
Articles