PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN BANK SYARIAH INDONESIA KC GRESIK
Abstract
ABSTRACT
This study analyzed the effect of Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Direct Marketing and Public Relations on the customers’ decision to use Islamic Banks. The object of this research was the entire customers of Islamic banks in indonesian islamic banks kc Gresik. The location of this research is in indonesian islamic banks kc Gresik. This study used online questionnaires to sample 100 respondents who were customers of Islamic banks using purposive sampling. This study used a quantitative method with multiple linear regression analysis, t-test, f-test, and coefficient of determination test. The results indicated that Advertising, Direct Marketing and Public Relations positively and significantly affected the customers' decision to use Islamic banks. Meanwhile, Sales Promotion and Personal Selling did not positively and significantly affect the customers' decision to use Islamic banks. Simultaneously, the variables of Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Direct Marketing and Public Relations positively and significantly affected the customers' decision to use Islamic banks in indonesian islamic banks kc Gresik.
Keywords : Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Direct Marketing, Public Relations, Customers’ Decision, Islamic Bank
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Pribadi, Pemasaran Langsung dan Hubungan Masyarakat terhadap keputusan nasabah menggunakan Bank Syariah. Objek penelitian adalah seluruh masyarakat pengguna bank syariah di bank syariah indonesia kc gresik. Lokasi penelitian ini berada di bank syariah indonesia kc Gresik. Penelitian ini menggunakan kuesioner online dengan sampel 100 responden nasabah Bank Syariah dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Periklanan, Pemasaran Langsung dan Hubungan Masyarakat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan bank syariah, sedangkan Promosi Penjualan dan Penjualan Pribadi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan bank syariah. Secara simultan variabel Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Pribadi, Pemasaran Langsung dan Hubungan Masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan bank syariah di bank syariah indonesia KC gresik.
Kata Kunci : Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Pribadi, Pemasaran Langsung, Hubungan Masyarakat, Keputusan Nasabah, Bank Syariah
Copyright (c) 2023 Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.