STRATEGI PEMASARAN PRODUK EMMASKU PADA PEGADAIAN SYARIAH: PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

  • Fatihatus Sahliyah, Syamsir Alamsyah Harahap dan Achmad Fatichuddin Universitas Qomaruddin
Keywords: Strategi pemasaran, Pegadaian syariah, Emmasku, Tabungan Emas

Abstract

This study aims to determine the marketing strategy of Islamic pawnshop UPS Semabayat, Manyar Gresik in attracting customer interest in emmasku products. Using qualitative with a field research approach, where data is collected, compiled, grouped, analyzed, then integrated so that it becomes a clear and focused picture of the problem being studied. Data collection techniques in this study include in-depth interviews, observation and documentation. The results of this study show that the marketing strategy implemented by the UPS Sembayat Islamic pawnshop is in the form of a marketing mix which consists of product, price, promotion, place, people, process and physical evidence as well as the implementation of sharia marketing values including 1) Theistic (rabbaniyah), 2) Ethical (akhlaqiyyah), 3) Realistic (Al-waqi'iyyah), and 4) Humanistic (insaniyah) impact on customer interest in investing in gold in emmasku products.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pegadaian syariah UPS Semabayat, Manyar Gresik dalam menarik minat nasabah produk emmasku. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan field research, dimana data dikumpulkan, disusun, dikelompokkan, dianalisis, kemudian diintegrasikan sehingga menjadi gambaran yang jelas dan terarah mengenai masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukakan bahwa strategi pemasaran yang di terapkan pegadaian syariah UPS Sembayat berupa bauran pemasaran yang di dalamnya terdiri dari produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat (place), orang (people), proses (process) dan bukti fisik (physical evidence) serta implementasi nilai-nilai pemasaran syariah meliputi 1) Teistis (rabbaniyah), 2) Etis (akhlaqiyyah), 3) Realistis (Al-waqi’iyyah), dan 4) Humanistis (insaniyah) berdampak pada minat nasabah untuk melakukan investasi emas dalam produk emmasku

Published
2024-02-29
How to Cite
Achmad Fatichuddin, F. S. S. A. H. dan. (2024). STRATEGI PEMASARAN PRODUK EMMASKU PADA PEGADAIAN SYARIAH: PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM . Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine), 10(1), 47-56. https://doi.org/10.36835/qiema.v10i1.4239
Section
Articles