Batik sebagai Warisan Budaya serta Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

  • Imam Mawardi dan Umar Amanulloh Universitas Sunan Giri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Kerajinan batik merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan program pemberdayaan ekonomi kreatif. Selain itu, juga merupakan upaya melestarikan warisan budaya bangsa. Pembuatan batik sebagai upaya pelestarian budaya dan peningkatan pendapatan masyarakat dengan pendampingan dan manajemen yang baik dapat meningkatkan kemampuan manajerial mitra (masyarakat). Melestarikan budaya lokal, khususnya batik, merupakan aspek penting dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Keberhasilan brand pembangun bangsa yang dibangun bersama para seniman batik, budayawan dan pengusaha merupakan masuknya batik sebagai warisan budaya dunia.

Masyarakat di Indonesia harus menyadari betapa pentingnya melestarikan budaya batik untuk mendorong produk lokal. Dalam hal ini pengembangan ekonomi kreatif memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan ekonomi masyarakat. Ekonomi kreatif yang berkembang pesat salah satunya adalah dalam bidang kerajinan yang berbasis warisan budaya yaitu kerajinan batik. Proses pengembangan ini juga diharapkan mampu melahirkan generasi muda Indonesia untuk langsung memajukan dan melestarikan batik.

Adanya Industri Batik di Kampung Batik Jetis Sidoarjo membawa dampak positif ke masyarakat salah satunya berkembangnya pola pikir masyarakat yang semakin luas dan berkembang dari segi pendidikan. Dengan adanya Industri Batik di Desa Jetis masyarakat mengetahui bahhwa batik merupakan warisan budaya leluhur khas Indonesia yang harus dilestarikan keberadaannya. Kampung Batik Jetis ini pula menjadikan masyarakat Jetis maupun masyarakat Sidoarjo tahu bahwa Sidoarjo juga mempunyai hal yang layak untuk dikedepankan yaitu warisan budaya leluhur. Selain terkenal dengan sebutan kota udang dan bandeng Sidoarjo juga mempunyai sentra industri batik dan hasil produksi batik tulis khas Sidoarjo. Batik tulis khas Sidoarjo pun sudah sampai Singapura, Jepang, Belanda dan Eropa Barat.

Kata Kunci: Batik, Warisan Budaya, Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Published
2024-02-28
How to Cite
Umar Amanulloh, I. M. dan. (2024). Batik sebagai Warisan Budaya serta Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine), 10(1), 13-25. https://doi.org/10.36835/qiema.v10i1.4273
Section
Articles