Strategi Pemasaran Produk Emmasku pada Pegadaian Syariah: Perspektif Ekonomi Islam
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pegadaian syariah UPS Semabayat, Manyar Gresik dalam menarik minat nasabah produk emmasku. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan field research, dimana data dikumpulkan, disusun, dikelompokkan, dianalisis, kemudian diintegrasikan sehingga menjadi gambaran yang jelas dan terarah mengenai masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukakan bahwa strategi pemasaran yang di terapkan pegadaian syariah UPS Sembayat berupa bauran pemasaran yang di dalamnya terdiri dari produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat (place), orang (people), proses (process) dan bukti fisik (physical evidence) serta implementasi nilai-nilai pemasaran syariah meliputi 1) Teistis (rabbaniyah), 2) Etis (akhlaqiyyah), 3) Realistis (Al-waqi’iyyah), dan 4) Humanistis (insaniyah) berdampak pada minat nasabah untuk melakukan investasi emas dalam produk emmasku.
Kata Kunci: Strategi pemasaran, Pegadaian syariah, Emmasku, Tabungan Emas
Copyright (c) 2024 Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.