Analisis Lingkungan Persaingan Industri Secara Syariah (Studi Kasus Pakaian Muslimah Toko Alfabe Clothing di ITC Surabaya)

  • Imam Mawardi, Fatimatus Zahro Universitas Qomaruddin
Keywords: Lingkungan Persaingan, Industri, Pandangan Islam

Abstract

Keberadaan sebuah perusahaan tidak dapat lepas dari pengaruh internal dan eksternal. Lingkungan industri adalah faktor internal dan eksternal perusahaan yang bisa menimbulkan ancaman serta mencitpakan peluang. Penelitian ini bertujuan agar menganalisis lingkungan internal serta eskternal, khususnya di lingkungan persaingan industri pada Toko Pakaian Muslimah Alfabe Clothing. Analisis lingkungan persaingan industri dilaksanakan dengan metode kualitatif deskriptif. Kelima faktor kekuangan persaingannya, yang sangat berpengaruh yaitu daya tawar pembeli serta Tingkat rivalitas antara pesaing yang ada. Temuan penelitian ini memaparkan jika lingkungan industri bisa bersaing secara baik dan berdampak positif terhadap kinerja perusahaan untuk memperoleh laba tanpa melakukan kecurangan serta menaati prinsip-prinsip sesuai dengan ajaran islamseperti bersaing secara sehat, dan berprilaku siddiq, tabligh, amanah, dan fathanah. 

Published
2024-08-31
How to Cite
Fatimatus Zahro, I. M. (2024). Analisis Lingkungan Persaingan Industri Secara Syariah (Studi Kasus Pakaian Muslimah Toko Alfabe Clothing di ITC Surabaya) . Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine), 10(2), 118-131. https://doi.org/10.36835/qiema.v10i2.4485
Section
Articles