Pengaruh Harga, Kecepatan Layanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan McD (Studi pada pelanggan Aplikasi Mcdonald’s Indonesia)
Abstract
Abstrak
Pada dasarnya, tujuan bisnis adalah untuk menciptakan dan mempertahankan para konsumen. Konsumen dalam pandangan tradisional adalah orang yang membeli dan menggunakan produknya. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan populasi yang menggunakan Aplikasi McDonald's Indonesia yang berjumlah 119 dan sampel sebanyak 40 orang. Alat analisis menggunakan SPSS diantaranya yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik, Uji Lineritas, koefisien determinasi,uji t dan uji F. Hasil penelitian secara parsial diketahui bahwa variabel Harga (X1) variabel Kecepatan layanan(X2) variabel Kepuasan pelanggan(X3) berpengaruh terhadap loyalitas Pelanggan pada McDonald's Gresik kota baru. Secara bersama-sama terdapat pengaruh antara variabel independen yakni Harga, Kecepatan layanan, dan Kepuasan pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan pada McDonald's Gresik kota baru. Variabel yang paling dominan dalam penelitian ini adalah variabel Harga yang memiliki nilai sebesar 3.993.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, kecepatan layanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan
Abstract
Basically, the goal of business is to create and retain consumers. Consumers in the traditional view are people who buy and use the product. This type of research uses quantitative research methods, with a population using the McDonald's Indonesia application totaling 119 and a sample of 40 people. Analysis tools using SPSS include: validity test, reliability test, multiple linear regression test, classical assumption test, linearity test, coefficient of determination, t test and F test. Partial research results show that the price variable (X1) is the service speed variable (X2 ) the variable Customer Satisfaction (X3) influences customer loyalty at McDonald's Gresik, Kota Baru. Together there is an influence between the independent variables, namely price, speed of service, and customer satisfaction on customer satisfaction at McDonald's Gresik, Kota Baru. The most dominant variable in this research is the Price variable which has a value of 3,993.
Keywords: Service quality, service speed, customer satisfaction and customer loyalty.
Copyright (c) 2025 Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.