Pengaruh Gaya Hidup, Religiusitas dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah
Abstract
Perkembangan ekonomi di Indonesia saat ini sedang mengalami kemajuan pesat, hal ini ditandai dengan berkembangnya lembaga keuangan syariah, khususnya pada sektor perbankan syariah. Salah satu Bank Syariah di Indonesia yaitu Bank Syariah Indonesia KC Rantauprapat. Namun setelah melakukan observasi kepada nasabah Bank Syariah Indonesia KC Rantauprapat,peneliti menemukan bahwa masih ada beberapa nasabah Bank Syariah Indonesia KC Rantauprapat yang memiliki dan menggunakan rekening bank konvensional, Sering terjadi gangguan jaringan sehingga minat nasabah Bank Syariah Indonesia KC Rantauprapat menurun ketika ingin melakukan transaksi keuangan dan dikarenakan beberapa nasabah Bank Syariah Indonesia KC Rantauprapat sudah lebih dahulu menggunakan rekening bank konvensional jadi sulit untuk beralih seutuhnya agar hanya menggunakan rekening bank syariah saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gaya Hidup, Religiusitas dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 95 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Pengolahan data dibantu dengan software statistik yaitu Smart PLS 4. Alat analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji outer models (uji validitas dan uji reabilitas), uji inner models (R square dan effect size atau F square), dan uji hipotesis (Bootstrapping). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya Hidup berpengaruh terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah, Religiusitas berpengaruh terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah, dan Literasi Keuangan Syariah tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah.
Kata kunci : Keputusan, Gaya Hidup, Religiusitas, Literasi Keuangan Syariah
ABSTRACT
Economic development in Indonesia is currently experiencing rapid progress, this is marked by the development of Islamic financial institutions, especially in the Islamic banking sector. One of the Sharia Banks in Indonesia is Bank Syariah Indonesia KC Rantauprapat. However, after observing Bank Syariah Indonesia KC Rantauprapat customers, the researcher found that there are still several customers of Bank Syariah Indonesia KC Rantauprapat who have and use conventional bank accounts, there are often network disruptions so that the interest of Bank Syariah Indonesia KC Rantauprapat customers decreases when they want to make financial transactions and because some customers of Bank Syariah Indonesia KC Rantauprapat have used bank accounts first Conventional ones, it is difficult to switch completely to only use Islamic bank accounts. The purpose of this study is to determine the influence of Islamic Financial Lifestyle, Religiosity and Literacy on Customers' Decision to Choose Islamic Banks. This study uses a quantitative approach with purposive sampling techniques. The source of data in this study is primary data. The number of samples in this study is 95 samples. The data collection methods used were questionnaires, documentation and interviews. Data processing is assisted by statistical software, namely Smart PLS 4. The analysis tools used include descriptive analysis, outer models test (validity test and reliability test), inner model test (R square and effect size or F square), and hypothesis test (Bootstrapping). The results of this study show that Lifestyle affects the customer's decision to choose an Islamic bank, Religiosity affects the customer's decision to choose an Islamic bank, and Sharia Financial Literacy does not affect the customer's decision to choose an Islamic bank.
Keywords: Decisions, Lifestyle, Religiosity, Sharia Financial Literacy
Copyright (c) 2025 Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.