Analisis Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia pada Teks Pidato Siswa MTs.Ma’arif 16 Nurul Hidayah
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memberi penjelasan kesalahan ke salahan pemakaian kalimat dalam tulisan tek pidato siswa MTs Ma’arif 16 Nurul Hidayah Banyubang Solokuro Lamongan. Mendeskripsikan beberapa aspek kesalahan yang sering terjadi , dan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitihan deskriptif kualitatif. Sampel penelitihan ini adalah teks yang ditulis oleh siswa sebagai bahan pidato kegitan ektra kurikuler MTs. Ma’rif 16 Nurul Hidayah Solokuro Lamongan. teknik sampling yang digunakan dalam penelitihan ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: pertama yang mengalami kesalahan berbahasa yang sering terjadi dalam teks pidato siwa MTs.Ma’arif 16 Nurul Hidayah Banyubang Solokuro Lamongan adalah unsur linguistik terjadi dalam empat kategori kesalahan, yaitu: kesalahan ejaan; pembentukan kata, aspek sintaksis dan aspek semantik. Kedua, penggunaan tanda baca.
References
Brown, H.Douglas. Principles of Language Learning and XTeaching (Fourth Edition). New Jersey: Addison Wesley Longman, 2000.
Ghufron, Syamsul. “Kealahan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamongan.†BASTRA 4, no. 1 (2017): 31–50.
———. Kesalahan Berbahasa: Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2015.
Hanafi, Iduar. “Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Pada Revisi Karangan Narasi Di Sekolah Dasar Kecamatan Pulau Laut Utara Kota Baru Kalimantan Selatan.†Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.
Indonesia, Tim Pengembang Pedoman Bahasa. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembang dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
Johnson, K dan K Morrow. Communicative in the Classroom. England: Burnt Mill Longman.Ltd, 1981.
Mahsun. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Copyright (c) 2020 TASYRI': JURNAL TARBIYAH-SYARI'AH ISLAMIYAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.