PENERAPAN METODE CERITA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI KELAS VIII SMPN 1 JANAPRIA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020

  • sanjaya Perdana Zain Sanjaya perdana zain

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode cerita dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VIII di SMPN 1 Janapria Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2020.  Penelitian ini juga mengulas factor-faktor apa saja yang dapat menghambat dalam pengimlementasian metode cerita untuk menanamkan akhlakul karimah serta upaya-upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan penomena-penomena, peristiwa, aktivitas, dan sikap untuk menggambarkan pengaruh metode cerita dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Lokasi penelitian adalah pada SMPN 1 Janapria Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dokumentasi, obesrvasi dan wawancara. Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa metode cerita daapat membantu dalam menanamkan sifat akhlakul karimah pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Janapria Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah. Hal tersebut karena metode cerita dapat memusatkan perhatian anak didik sehingga perhatian terarah dan akan mengurangi perhatian peserta didik kepada hal lain. Selain itu anak didik juga semakin termotivasi untuk belajar karena metode belajar yang tidak monoton.
Diterbitkan
2020-10-16

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##