PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PRESPEKTIF SEJARAH

  • Budi Ilham UIN Jakarta
Kata Kunci: History of Arabic Learning, Curriculum, Traditional System

Abstrak

Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa asing yang turut dipelajari di lembaga pendidikan di Indonesia. Pembelajaran Bahasa Arab pun tidak terlepas dari proses islamisasi di Indonesia. Mayoritas masyarakat Indonesia yang menganut agama Islam membuat Bahasa Arab menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap penting, terutama dalam mengkaji sumber-sumber keagamaan. Maka dari itu, penelitian ini berusaha untuk mengungkapkan bagaimana sejarah pembelajaran Bahasa Arab dan perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Pada proses pencarian sumbernya, penulis menggunakan teknik Studi Pustaka dan Metode Sejarah. Hasil dari penelitian ini ialah kegiatan pembelajaran Bahasa Arab sudah dilakukan semenjak abad ke-18 yang ditandai dengan berdirinya Lembaga Pendidikan Islam, seperti Pesantren, Meunasah dan Surau. Kegiatan ini pun erat kaitannya dengan proses islamisasi di Kepulauan Nusantara (Indonesia). Selama pergantian tahun terjadi perkembangan dalam metode pembelajaran dan pergantian kurikulum di Indoensia. Meski sudah dilakukan perubahan dan pergantian kurikulum, masih banyak siswa di Madrasah Tsanawiyah non asrama kurang menguasai Bahasa Arab dibandingkan siswa dari pesantren. Hal itu dikarenakan background pendidikan siswa sebelum memasuki Madrasah Tsanawiah (SD/MI). Diperlukan penggabungan antara metode pengajaran yang diberlakukan di Pesantren (sistem tradisional) dengan pengajaran di Madrasah Tsanawiyah non Asrama agar lebih efektif. Selain itu, perlu pula dibuat kelombok belajar antar siswa terkait mata pelajaran Bahasa Arab.
Diterbitkan
2019-04-16

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##