MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS ANAK MELALUI METODE TOTAL PHYSYCAL RESPONS PADA SISWA KELOMPOK B DI PIAUD PERMATA RUMENENG

  • Baiq Desi Arfini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris anak pada anak usia dini (PAUD) dengan metode total physical respons (TPR). Metode peniltian ini, menggunakan penelitian tindakan kelas, langkah langkah dalam penlitian ini antara lain, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keempat tahap ini dilakukan dalam 2 siklus, jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas metode pendeketan yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi. Kegiatan anak dituliskan dalam lembar observasi kemudian diberi skor/nilai. Skor baik diberikan kepada anak yang mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan rapi. Skor cukup diberikan kepada anak yang belum mampu menyelesaikan tugas atau belum mampu mengerjakan tugas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tindakan hanya 10 persen kemudian setelah melakukan tindakan dua kali berubah menjadi 50 persen kemudian menjadi 90 persen . dengan demikan kemampuan bahasa inggris anak dengan penerapan metode TPR mengalami peningkatan pada masing masing anak sesuai dengan indicator yang telah ditetapkan
Diterbitkan
2021-09-16

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##