MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS ANAK MELALUI METODE TOTAL PHYSYCAL RESPONS PADA SISWA KELOMPOK B DI PIAUD PERMATA RUMENENG

  • Baiq Desi Arfini
Keywords: motivasi, metode TPR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris anak pada anak usia dini (PAUD) dengan metode total physical respons (TPR). Metode peniltian ini, menggunakan penelitian tindakan kelas, langkah langkah dalam penlitian ini antara lain, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keempat tahap ini dilakukan dalam 2 siklus, jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas metode pendeketan yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi. Kegiatan anak dituliskan dalam lembar observasi kemudian diberi skor/nilai. Skor baik diberikan kepada anak yang mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan rapi. Skor cukup diberikan kepada anak yang belum mampu menyelesaikan tugas atau belum mampu mengerjakan tugas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tindakan hanya 10 persen kemudian setelah melakukan tindakan dua kali berubah menjadi 50 persen kemudian menjadi 90 persen . dengan demikan kemampuan bahasa inggris anak dengan penerapan metode TPR mengalami peningkatan pada masing masing anak sesuai dengan indicator yang telah ditetapkan
Published
2021-09-16

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.