MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS ANAK MELALUI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONS (TPR) PADA SISWA

  • muhamad junaidi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris  anak pada anak usia dini (PAUD) dengan metode total physical respons (TPR).         Penelitian ini melibatkan 20 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan pada pendidikan anak usia dini (PAUD) Permata Hati Rumeneng Desa Paok Motong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur sebagai subjek penelitian. Langkah-langkah penelitian secara garis besar terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Keempat tahap ini dilakukan dalam 2 siklus, jenis penelitian yang di gunakan adalah tindakan kelas metode pendekatan  yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah  obsevasi terhadap kegiatan anak dalam mengucapkan bahasa inggris dan melakukan gerakan yang di berikan oleh guru dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, kemudian ditulis dalam lembar observasi sebagai instrumen penelitian. Hasil kegiatan anak di tuliskan dalam lembar observasi kemudian diberi skor/nilai, skor baik diberikan kepada anak yang mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan rapi. Skor cukup di berikan kepada anak yang belum mampu menyelesaikan tugas atau belum mampu mengerjakan tugas.
Diterbitkan
2019-04-20

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##