PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL DI KELAS XI IPS 5 SEMESTER 1 TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

  • Marsono Marsono

Abstrak

Peneitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dengan pendekatan debat aktif di kelas XI. IPS.5 semester 1 tahun pembelajaran 2019 - 2020 di SMAN 1 Terara, Lombok Timur, NTB. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diperoleh hasil bahwa: Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Aktivitas  pembelajaran  tidak  lagi terpusat  pada  seorang  guru,  melainkan terpusat  kepada siswa. Evaluasi pembelajaran siklus 1 dengan ketentuan kriteria ketuntasan minimal 75 yang mencapai nilai tuntas sebanyak 12 siswa atau sebesar 35%. Pada siklus 1 siswa yang tidak tuntas sebanyak 22 atau 65%. Siklus I yang memperoleh nilai tertinggi sebanyak 1 siswa dengan nilai 90. Evaluasi pembelajaran siklus II yang mencapai nilai tuntas sebanyak 31 siswa atau sebesar 81%. Siklus II siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 atau 9%. Siklus II yang memperoleh nilai tertinggi 12 siswa atau 32%  dengan nilai 90 dan terendah dengan nilai 50 sebanyak 1 siswa
Diterbitkan
2019-10-21

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##