KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAN POTENSI BERORGANISASI PESERTA DIDIK DI MTS AL IJTIHAD DANGER

  • Mariawati

Abstrak

Organisasi peserta didik yang ada di sekolah merupakan suatu wadah yang memfasilitasi para siswa untuk bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing demi kepentingan sekolah dan seluruh siswanya. Selain itu juga, fungsi dari orgasisasi peserta didik ini sabagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perencanaan kepala sekolah dalam peningkatan potensi berorganisasi peserta didik di MTs Al Ijtihad, 2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan kepala sekolah dalam peningkatan potensi berorganisasi peserta didik di MTs Al Ijtihad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya meliputi Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, dan Peserta Didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah melakukan persiapan dalam mengelola organisasi peserta didik yaitu dengan melakukan musyawarah terhadap pengorganisasian peserta didik yang terdiri dari kepala sekolah, waka kesiswaan, orang tua wali dan para pembina atau pembimbing kegiatan pengorganisasian. Kemudian dalam pelaksanannya memberi arahan kepada waka kesiswaan, selebihnya waka kesiswaan memberikan pembinaan dan memberikan arahan kepada para pembimbing organisasi dan para pembimbing tersebut akan terjun langsung ke lapangan, memberi arahan dan bimbingan maupun melakukan kontroling terhadap peserta didik dalam berorganisasi.
Diterbitkan
2021-09-16

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##