PENGARUH PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK DI MA AL-IJTIHAD DANGER MASBAGIK

  • Irhas

Abstrak

Perpustakaan sekolah adalah salah satu komponen yang turut menentukan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Perpustakaan harus diciptakan sedemikian rupa supaya bisa benar-benar berfungsi sebagai penunjang proses belajar mengajar. Penelitian ini membahas tentang pengaruh pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap minat baca peserta didik di MA AL- Ijtihad Danger yang dilatar belakangi oleh  kurangnya pengelolaan sumber daya tempat perpustakaan di sekolah tersebut sehingga berdampak pada minat baca peserta didik sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik di sekolah itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap minat baca peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fiel reseach) yang mengharuskan peneliti terjun langsung kelapangan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 339 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa dengan tehnik pengambilan sampel yaitu random sampling. Tehnik pengambilan untuk variabel pengelolaan perpustakaan dan minat baca menggunakan angket dengan skala likert. Proses pengolahan data menggunakan regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel dengan taraf signifikan 5%. Hasil dari  penelitian untuk hasil analisis menggunakan regresi sederhana maka uji t diperoleh besarnya thitung = 2.699 sementara ttabel = 1.693. Tingkat signifikansi variabel pengelolaan perpustakaan sebesar 0,011 lebih kecil dari 0,05, artinya signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap minat baca peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan  Ha diterima yaitu pengelolaan perpustakaan yang baik dapat berpengaruh terhadap minat baca peserta didik di MA AL- Ijtihad Danger.
Diterbitkan
2021-09-16

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##