Pengenalan Pendidikan dan Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an Untuk ‎Anak Usia Dini

  • Mohammad Zarkani

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar tujuan, dimana usaha itu untuk membangun manusia supaya manusia itu berbudaya dan berpradaban, menjadi manusia yang bertanggung jawab terhadap kehidupan bangsa dan negara dan yang lebih penting lagi tanggungjawab tehadap dirinya sendiri. Problema yang ada dewasa ini adalah kaburnya nilai-nilai agama di kalangan generasi muda. Mereka dihadapkan dalam berbagai kontradiksi, antara apa yang mereka ketahui dengan apa yang mereka lihat. Masalah tersebut justru dipicu oleh kurang mengerti dan kurang perhatiannya orang tua terhadap pendidikan anak mereka sejak dini terutama pendidikan agama Islam disebabkan sibuk dengan urusan yang lain, sehingga tidak sempat untuk memberikan pendidikan terhadap anak-anak mereka secara khusus. Dasar-dasar pendidikan agama Islam harus sudah ditanamkan sejak anak didik itu masih usia anak-anak, karena kalau tidak demikian halnya, kemungkinan kelak akan mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang akan diberikan pada masa dewasanya. Islam telah mengkongkritkan bagaimana Luqman sebagai orang tua telah menanamkan pendidikan agama kepada anaknya. Adapun pendekatan yang peniliti gunakan adalah pendekatan kualitatif karena peneliti hanya menggambarkan, mendeskripsikan, atau menjelaskan keadaan obyek penelitian sesuai dengan keadaannya pada saat dilakukan penelitian. Dengan berpedoman dari fakta di lapangankemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an para santri TPQ Arrahman Desa Midang dapat dikatakan sudah standar (sudah bisa membedakan huruf-huruf Arab dan gaya sambungnya dengan baik dan benar), karena mereka sebelum diterima sebagai santri TPQ Arrahman Desa Midang sudah diajarkan cara pengucapan abjad Arab dan cara membaca al-Qur’an oleh orang tua mereka di rumah. Penulis menyimpilkan bahwa kemampuan membaca santri TPQ Arrahman Desa Midangsangat dipengaruhi oleh peranan orangtua mereka yang telah menerima pelajaran membaca Al-Qur’an, sedangkan kemampuan menulis al-Qur’an santri TPQ dipengaruhi oleh peranan oleh peranan guru di TPQ Arrahman.   Kata Kunci: Manajemen, Sarana dan Prasarana, Sekolah Menengah
Published
2020-06-11
How to Cite
Zarkani, M. (2020). Pengenalan Pendidikan dan Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an Untuk ‎Anak Usia Dini. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 5(1), 38-50. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alamin/article/view/3878

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.