Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Darul Yaqin Desa Gelogor Kec. Kediri Lombok Barat NTB

  • Zainudin STAI Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat

Abstract

Istilah pendidikan seringkali diartikan sama dengan pengajaran padahal antara pendidikan dengan mengajar memiliki makna yang berbeda meskipun mempunyai arti “menanamkan tabiat yang baik sehingga anak mempunyai sifat yang baik (mulia) dan kepribadian utama.  Pendidikan anak usia dini  merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak dini, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar arak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan dasar dan kehidupan berikutnya Secara umum tujuan pendidikan anak usia dini adalah unfuk mengembangkan berbagai potensi (siswa) yang dimulai sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan Iingkungannya Adapun dasar pendidikan Islam adalah al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw. Dimana pendidikan Islam itu sendiri ibarat sebuah bangunan, maka al-Qur’ an dan Haditsnya yang menjadi fondasinya. Implementasi Pendidikan Agama Islam pada pendidikan anak usia dini Desa Gelogor Kecamatan Kediri Lombok Barat dilakukan dengan beberapa tahap yaitu: (I) Persiapan yang meliputi perurnusan topik dan tujuan (2) Pemilihan metode yang sesuai dengan kondisi siswa seperti metode ceramah (3) Latihan atau praktik dan pembiasaan. Adapun faktor pendukung pendidikan Islam  pada anak usia dini (TKA) taman kanak-kanak Darul Yaqin Desa Gelogor Kecamatan Kediri Lombok Bara salah satunya yaitu guru. Guru dari segi kuantitas sangat menunjang, lingkungan yang kondusif dan partisipasi orang tua murid sangat mendukung berlangsungnya proses belajar mengajar.
Published
2017-06-30
How to Cite
Zainudin. (2017). Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Darul Yaqin Desa Gelogor Kec. Kediri Lombok Barat NTB. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 2(1), 82-93. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alamin/article/view/5313

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.