Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X

  • Rizka Awaluddin
Kata Kunci: Discovery Learning, Pembelajaran langsung, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan  penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar peserta didik, (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik antara model pembelajaran discovery learning dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombongan belajar kelas X semester genap SMA Negeri 2 Bolo yang terdiri dari empat rombongan belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran discovery learning dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar peserta didik, (2) Terdapat perbedaan belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dengan model pembelajaran pembelajaran langsung

Referensi

Andriani, A. 2016. Wawancara Pribadi. Bajeng Barat.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Daud, F., & Rahmadana, A. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis E-Learning pada Materi Ekskresi Kelas XI IPA 3 SMAN 4 Makassar. Bionature, Vol. 16, No. 1.
Hala, Y. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Konsep Ekosistem Bagi Peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Journal of Educational Science and Technology (EST), Vol.1, No.3.
Halimah, L . 2008. Pemberdayaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Indonesia Peserta didik Kelas 4 SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3,No. 10.
Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. 2012. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Unnes Journal of Biology Education, Vol.1 No. 1.
Khabibah, R. 2014. Pengaruh model Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMA Pada Konsep Gerak Melingkar Beraturan. Skripsi. Tidak diiterbitkan. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mirasi, W., Osodo, J., & Kibirige, I. 2013. Comparing Guided Discovery and Exposition-with-Interaction Methods In Teaching Biology in Secondary Schools. Mediterranean Journal of Social Sciences, (Online), Vol. 4 No. 14.
Mubarok, C., & Sulistyo, E. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Discovey Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X TAV Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, (Online), Vol.3, No.2.
Qorri’ah. 2011. Penggunaan Metode Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman KonsepPeserta didik pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Skripsi. Tanggerang. UIN Syarif Hidayatullah.
Rustaman, N.Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jurusan Pendidikan Biologi UPI. Bandung.
Diterbitkan
2016-08-31
##submission.howToCite##
AWALUDDIN, R. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X. AL-FURQAN, v. 5, n. 1, p. 1-14, 31 Agu 2016.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##