Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Permasalahan Sosial untuk Melatih Literasi Sosial Kelas IV SDN Selorejo 03 Blitar

  • Siama Siama
Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Permasalahan Sosial

Abstrak

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menghasilkan Produk Bahan Ajar Pokok Permasalahan Sosial yang Layak Secara Teori pada Mata Pelajaran Ips. (2) Untuk menghasilkan Bahan Ajar Pokok Permasalahan Sosial yang Dapat Digunakan pada Mata Pelajaran Ips. (3) Untuk menghasilkan Bahan Ajar Pokok Permasalahan Sosial yang Efektif pada Mata Pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dikenal dengan istilah R&D (Research and Development) dengan desain pengembangan yang  dipilih adalah menggunakan Model Dick & Carey. Produk yang dikembangkan adalah buku siswa terpadu yang berorientasi integrated social science dengan  IPS  sebagai landasan pokok untuk kelas IV SD. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, metode tes, pengamatan partisipatif, observasi aktivitas kelas. Tes dilaksanakan setelah menerapkan bahan ajar hasil pengembangan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar yang dikembangkan layak dan dapat digunakan dengan melihat hasil validasi oleh ahli yaitu menunjukan hasil yang cukup valid, hasil validasi pengguna menunjukan hasil yang cukup valid, sedangkan hasil uji kompetensi siswa menunjukan efektif. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan layak dan dapat digunakan dengan melihat skor yang telah di capai dari validator ahli, pengguna dan siswa

Referensi

Akbar, S. (2013).Instrument Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Prosdakarya, Bandung,
Arikunto,S. (2002).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta
Djelita, R.D.P.Pemilihan Dan Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Tuntutan Profesionalisme. Artikel
Hamid, A, DKK.(2008). Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan.Metode. Strategi, Materi. Dan Media. Malang: Uin Malang Press
Harijanto, Moh. (2007) Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajar Sekolah Dasar.Artikel.
Indrastuti, Dkk. (2009).Ilmu Pengetahuan Social. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Mudlofir, Ali. 2011.Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam.Jakarta : Rajawali Pers.
Nassir, Moh. (2005), Metode Penelitian.Galia Indonesia. Jakarta,
Putra, Nusa. 2011. Research and Development; Penelitian dan Pengembangan : Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Pers.
Rusmini,(2011).Proses Pembelajaran Ips Terpadu Dan Upaya Pengembangannya Di Sekolah Menengah Pertama( Studi Kasus Smp Negeri 5 Boyolali ). Tesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Saliman, Dkk.Laporan Penelitian Pengembangan Bahan Ajar IPS Terpadu. Uniersitas Negeri Yogyakarta
Silawati, Linda. (2013). Pengembangan Bahan Ajar MembacaBerbasis Tematik Kelas 1 Di Sd Negeri 2 Taba Penanjung Bengkulu Tenga. Tesis. Universitas Bengkulu.
Sukadi, Dkk. (2014).Pengembangan Bahan Ajar Ips Berorientasi Ips Terpadu Untuk Siswa Smp Kelas Vii. Artikel
Sugiyono.(2011).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung
Suprijono, Agus. 2009.Cooperative Learningteori Dan Aplikasi Paikem.Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto.2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini Tk/Ra & Kelas Awal SD/MI. Jakarta. Kencana Prenada Megia Gruop
Yurnalis, Nurdin.Aplikasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Social PadaMadrasah Ibtidaiyah (MI). Balai Diklat Keagamaan Palembang
http://hendriansdiamond.blogspot.com/2012/04/pengertianekonomiterpadu.html?m=1
Diterbitkan
2016-08-31
##submission.howToCite##
SIAMA, S. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Permasalahan Sosial untuk Melatih Literasi Sosial Kelas IV SDN Selorejo 03 Blitar. AL-FURQAN, v. 5, n. 1, p. 77-112, 31 Agu 2016.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##