Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kolaboratif pada Siswa Kelas X IPA III SMAN 1 Hu’u Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018

  • . Suaeb SMA Negeri 1 Hu'u
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kolaboratif, Prestasi Belajar, Motivasi, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Kegiatan pembelajaran merupakan proses yang tidak hanya melibatkan guru dan siswa, tetapi juga melibatkan materi pembelajaran, metode, media dan lingkungan belajar lainya. Untuk mencapai hasil belajar siswa berdasarkan kompetensi yang diharapkan untuk dimiliki, maka harus didukung dengan proses pembelajaran yang baik pula. Untuk berlangsungnya proses pembelajaran yang baik, diperlukan materi pembelajaran, metode, dan media pembelajaran yang mutakhir selain dukungan kompetensi yang dimiliki oleh guru dan kesiapan belajar siswa. Dengan demikian, maka guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif terutama dalam menata materi pembelajaran, metode, serta media pembelajaran ke dalam model pembelajaran secara tepat agar dapat diharapkan keberhasilan siswa terutama dalam pembentukan kecakapan hidup (life skill) siswa yang berpijak pada lingkungan sekitar. Mengingat peranan model pembelajaran dalam menentukan keberhasilan belajar siswa, telah dilakukan penelitian tindakan (action research) untuk mengetahui (a) peningkatan prestasi belajar PAI dengan menerapkan model pembelajaran kolaborasi pada siswa Kelas X IPA-1 SMAN 1 Hu’u tahun pelajaran 2018/2019; dan (b) pengaruh model pembelajaran kolaborasi terhadap motivasi belajar PAI pada siswa kelasX IPA-1 SMAN 1 Hu’u tahun pelajaran 2018/2019. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, maka akan dilaksanakan kegiatan pembelajaran Pensisikan Agama Islam dengan menerapkan model pembelajaran kolaborasi pada siswa Kelas X IPA-1 SMAN 1 Hu’u Tahun Pelajaran 2018/2019. Kegiatan pembelajaran berlangsung dalam 3 (tiga) siklus, dan setiap siklus terdiri dari tahap rencana, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Data prestasi beajar diperoleh melalui hasil tes formatif, sedangan data motivasi belajar dihimpun menggunakan lembar observasi kegiatan pembelajaran. berdasarkan hasil analisis data, didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (73,17%), siklus II (82,93%), siklus III (95,12%). Dengan demikian, maka disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kolaboratif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar PAI siswa Kelas X IPA 1 SMAN 1 Hu’u Tahun Pelajaran 2018/2019. Sebagai implikasi, maka model pembelajaran kolaboratif dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran alternatif pada pembelajaran PAI.

Referensi

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.
Daroeso, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Hasibuan K.K. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press. Univesitas Negeri Surabaya.
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Diterbitkan
2019-04-08
##submission.howToCite##
SUAEB, . Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kolaboratif pada Siswa Kelas X IPA III SMAN 1 Hu’u Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. AL-FURQAN, v. 7, n. 2, p. 49-62, 8 Apr 2019.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##