Penerapan Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Perkembangan Kemampuan Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MA NW Lendang Nangka Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2017/2018

Metode Pembelajaran

  • M. Najammuddin Aminullah STIT Darussalimin Praya
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving, Kemampuan Siswa

Abstrak

Pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran double loop problem solving pada siswa kelas X MA NW Lendang Nangka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa, di mana di dalamnya terdapat motivasi, minat, intelegensi dan cara belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini di lakukan dengan cara metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data induktif, yaitu suatu cara berfikir yang di mulai dari hal-hal yang bersifat umum atau mngambil kesimpulan secara umum. Analisis data dilakukan secara logis dan sistimatis, keabsahan atau validasi data di lakukan dengan cara ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan dan kecukupan refrensi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan metode double loop problem solving terhadap perkembangan kemampuan siswa pada mata pelajaran fikih kelas X MA NW Lendang Nangka yaitu meningkat walaupun tidak begitu pesat. Dilihat dari kemampuan intelektualnya, dengan menggunakan metode ini siswa lebih mandiri dalam belajar. Kemudian siswa lebih termotivasi dalam belajar, minat belajarnya bertambah. Guru menemukan berbagai macam kendala terutama kurang minat belajar dan masih kurang terampilnya dalam pengelolaan kelas. Upaya mengatasi yang demikian yakni dengan meningkatkan keterampilan diri dalam penerapan metode pembelajan baru terutama guru bidang studi, dan lebih banyak lagi memperkenalkan metode-metode baru terhadap siswa agar kemampuannya dapat berkembang lebih pesat.

Referensi

Arikunto, Suharsimi, 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT Rineka Cipta : Jakarta.
Aqib, Zainal, 2002, Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Cetakan I, Insan Cendekia. Surabaya.
Agus Krisno Budiyanto, Moch, Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL), Pernebit Universitas Muhammadiyah Malang, 2016.
Daryanto, 2013, Belajar Dan Mengajar Cetakan II, CV.Yrama Widya, Bandung.
Kementrian Agama Republik Indonesia, 2014, Buku Siswa Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013.
Indrawan Rulli, dan Yaniawati Poppy, 2014, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan, PT Refika Adimata. Babdung.
Moleong Lexy, 2013, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, ALFABETA, CV. Bandung.
Unpam Andi, 2014, KBBI Offline, Pemulang-Tangsel 15418.
Diterbitkan
2019-04-08
##submission.howToCite##
AMINULLAH, M. N. Penerapan Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Perkembangan Kemampuan Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MA NW Lendang Nangka Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2017/2018: Metode Pembelajaran. AL-FURQAN, v. 7, n. 2, p. 82-98, 8 Apr 2019.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##