Membangun Citra Madrasah: Strategi MTs. Al-Kautsar Dalam Membangun Mutu

  • Edy Susanto STAI Al-Amin Dompu
Kata Kunci: Citra Madrasah, Strategi, Mutu Pendidikan

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan Sekolah Mts Al-Kautsar Ranggo untuk membangun mutu dengan strategi dalam membangun mutu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kualitatif yaitu berupa suatu  prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara penelitian ini dilakukan di MTs Al-kautsar Ranggo. Hasil yang penelitian diatas diperoleh bahwa upaya yang dilakukan oleh MTs Al kautsar Ranggo dalam membangun Citra untuk membangun  mutu adalah  meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidik dan Tenaga Pendidikan MTs Al-Kautsar Ranggo, Pengembangan Kurikulum, Pembelajaran dan Prestasi Siswa MTs Al-Kautsar Ranggo, mengembangkan Konsep Mutu  MTs. Al-Kautsar Ranggo serta Sosialisasi Hubungan Masyarakat MTs. Al-Kautsar Ranggo

Referensi

Ali, Muhammad (1992). Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru.
Arcaro, S. J., 2007. Pendidikan Berbasis Mutu. Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daulay, H.,P.(2013). Pendidikan Islam Dalam Lintas Sejarah,(Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Effendy. O.,U (2002) Hubungan masyarakat suatu studi komunikologis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cet.6
Hamalik, Oemar. (2008)Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Hardjosoedarmo, Soewarso (1997). Dasar-dasar Total Quality Management. Yogyakarta: Andi. 1997.
Hidayat, A. & Machali, H., 2012. Pengelolaan Pendidikan. Konsep, Prinsip, dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Kaukaba. Cetakan I
Hasibuan. M (2011). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Idi. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jurnal Komunikasi Perguruan Madrasah (2001) MP Masyarakat pendidikan untuk pemberdayaan dan kemandirian madrasah. Volume 5 . No. 1
Kusumastuti. F (2004). Dasar-dasar hubungan masyarakat. Bogor : Ghalia Indonesia. Cet.2
Kemendikbud (2016). Pedoman umum sistem pejaminan mutu pendidikan dasar dan menengah . Tahun 2016. Dokumen 02
Komalasari, L.,I (2017) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan operasi bilangan bulat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Nuansa . edisi Maret- Agustus 2017 Volume 06. Nomor 01
Lexy J. Moloeng. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Malayu.S.P & Hasibuan. M (2016) Manajemen sumber daya manusia, Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.
Mayangsari, M.D,, 2013 Motivasi Berprestasi Mahasiswa Ditinjau Dari Penerimaan Orang Tua. Jurnal Ecopsy,Volume 1,Nomor 1, Desember 2013
Moerdiyanto (2009). Strategi Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPPMP) oleh pemerintah Kabupaten dan Kota. Jurnal Informasi. No 02 tahun 2009
Mulyasa, E, 2012. Manajemen Berbasis Sekolah. Konsep, Strategi dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution. Z (2010) manajemen humas di lembaga pendidikan. Malang UMM Press
Nasution.S. (2003). Metode Penelitian Naturalistic Kualitatif. Bandung. Tarsito
Rahmat.A (2016) manajemen humas sekolas. Yogyokarta: Media Akademi. Cet. 1
Ruslan. R. (2008). Kiat dan strategi kampanye public relation. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sallis, E., 2011, Total Quality Management in Education. Manajemen Mutu Pendidikan. Jogyakarta : IRCiSoD
Simamora. H (2004) Manajemen SDM, edisi ke 13. Yogyakarta : Bagian Penerbitah sekolah Tinggi Ilmu ekonomi YKPN
Suparman, (2006). Model kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SLTP dan MTs. Solo: Tiga Serangkai
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta
Sukmadinata, N.S., 2008. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung. PT Refika Aditama.
Ulfatin.N & Triwiyanto.T (2016) Manajemen sumber daya manusia bidang pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Umam. K (2018). Dinamika pengembangan kurikulum pendidikan agama islam di madrasah. (Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. DOI: http://dx.doi.org/10.15642/jpai.2018.6.1.1-24
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara. 2003.
Widjaja Tunggal, Amin. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Rineka Cipta. 1998.
Rahajo. R (2013).Pengembangan dan inovasi kurikulum. PAI Yogyakarta: Azzagfika
Diterbitkan
2019-02-28
##submission.howToCite##
SUSANTO, E. Membangun Citra Madrasah: Strategi MTs. Al-Kautsar Dalam Membangun Mutu. AL-FURQAN, v. 7, n. 2, p. 99-110, 28 Feb 2019.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##