Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV MIN 1 Yogyakarta

  • Muhammad Asrofi Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta
  • Desiana Wahyuni
Kata Kunci: Implementasi, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik Terpadu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Tematik terpadu di kelas IV MIN 1 Yogyakarta, yakni meliputi perencanaan, pelaksanaaan, penilaian, hambatan, serta upaya mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala MIN 1 Yogyakarta, guru kelas IV, siswa kelas IV. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dengan menggunakan triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun RPP menjabarkan langkah-langkah kegiatan dengan pendekatan saintifik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik tetapi pelaksanaannya belum maksimal. Guru juga belum menggunakan penilaian autentik secara maksimal. Guru jarang menggunakan instrumen dan rubrik penilaian. Hambatan yang dialami guru dalam implementasi pendekatan saintifik meliputi hambatan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.   Kata kunci: implementasi, pendekatan saintifik, pembelajaran tematik terpadu

Referensi

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Daryanto. 2014. Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Lampiran Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Lampiran Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Yani, Ahmad. 2014. Mindset Kurikulum 2013. Bandung: Alfabeta.
Diterbitkan
2019-09-30
##submission.howToCite##
ASROFI, M.; WAHYUNI, D. Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV MIN 1 Yogyakarta. AL-FURQAN, v. 8, n. 1, p. 23-36, 30 Sep 2019.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##