Ekstrakurikuler “Tari Topeng Ireng” sebagai Strategi Penanaman Percaya Diri Siswa MIS Al Islam Tempel Sleman Yogyakarta

  • Noor Masruroh Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta
  • Ahmad Shofiyuddin Ichsan
  • Muhammad Asrofi
Kata Kunci: Ekstrakurikuler “Tari Topeng Ireng”, Percaya Diri, Madrasah Ibtidaiyah

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini mengungkapkan Ekstrakurikuler “Tari Topeng Ireng†sebagai strategi meningkatkan percaya diri siswa di MIS Al Islam Tempel Sleman Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data, peneliti menggunakan model Analisis Interaktif Miles dan Huberman. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pembina menggunakan lima metode di antaranya yaitu: metode ceramah, metode tutor sebaya, metode demonstrasi, metode eksplorasi, dan metode diskusi. Melalui metode tersebut, membuat siswa percaya diri tampil di hadapan umum dengan berbagai karakternya. Adapun faktor pendukung dari implementasi kegiatan ini adalah 1). Minat siswa yang tinggi, 2). Kualitas pembina yang profesional, dan 3). Sarana dan prasarana dalam berlatih sudah cukup memadai. Sedangkan faktor penghambatnya, antara lain: 1). Motorik siswa yang masih kurang, 2). Jadwal kegiatan yang terbentur dengan kegiatan lainnya, dan 3). Alat transportasi sekolah yang belum ada.  Kata Kunci: Ekstrakurikuler “Tari Topeng Irengâ€, Percaya Diri, Madrasah Ibtidaiyah

Referensi

Bachtiar, Alam. 2019. Tampil Beda dan Percaya Diri itu Ada Seninya. Yogyakarta: Araska.
Departemen Agama RI. 2005. Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Depag RI.
Dokumentasi Kemenag Kabupaten Sleman. 2018. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019 tahun 2018/2019.
Fahmi, Nasrina Nur. 2015. Konseling kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK N 1 Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakulitas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga.
Hasbiansyah, O. 2008. Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi”. Mediator. Vol 9. No. 1. Juni.
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis (kecil). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tri Hadi Karyono dan Fadilah Kurniawan. 2008. Ekstrakurikuler Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Sekolah’. Jur. Pend. Kepelitihan Fakulitas Ilmu Keolahragaan UNY..
Moelong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Peraturan Pemerintah No 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
Tetty, dkk, Rachmi. 2008. Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rahayuningdyah, Endah. 2016. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VIII D Di SMP Negeri 3 Ngrambe’. JIPE Vo. I No. 2 Edisi September.
Rohayati, Ita. 2014. Usaha Sekolah untuk Mengembangkan Rasa Percaya Diri Siswa di SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakulitas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sofyan, Asep. 2017. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Seni Budaya (Sub Materi Musik) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Semarang Tahun ajaran 2017/2018. Semarang: Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakulitas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan Dalam Pendekatan Baru. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Syam, Asrullah dan Amri.2017. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di Program Studi Biologi Fakulitas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek. Vol. 5, No. 1, Juni.
T, Hakim. 2002. Mengatasi Rasa Tidak percaya Diri. Jakarta: Purwa Suara.
Wijayanti, Vony. 2018. Upaya Pembentukkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MIN 1 Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Yulianti, Silvy Dwi, dkk. 2016. Pendidikan Karakter Kerja Sama dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. JTP2IPS. Vol.1, No.1. April.
Diterbitkan
2020-02-29
##submission.howToCite##
MASRUROH, N.; ICHSAN, A. S.; ASROFI, M. Ekstrakurikuler “Tari Topeng Ireng” sebagai Strategi Penanaman Percaya Diri Siswa MIS Al Islam Tempel Sleman Yogyakarta. AL-FURQAN, v. 8, n. 2, p. 17-30, 29 Feb 2020.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##